Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Ketika laptop mati dengan sendirinya hal ini dapat membuat kita khawatir dan kebingungan, masalah satu ini ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, perangkat keras yang rusak atau virus yang menyebabkannya.

Laptop merupakan salah saru alat elektronik yang paling sering digunakan, selain itu fungsi dari laptop sendiri sangat banyak. Ketika memiliki laptop tentu kita akan berhati-hati saat menggunakannya.

Beberapa orang terkadang tidak merawat laptop dengan baik dan menyebabkan beberapa masalah pada laptop. Laptop yang mati dengan sendirinya juga perlu diperbaiki, tapi berikut beberapa penyebab laptop mati sendiri ketika di charge:

1. Kipas yang Kotor atau Kepanasan

Salah satu alasan yang paling sering laptop mati dengan sendirinya adalah kipas yang kepanasan, saat kita menggunakan laptop untuk bermain game atau streaming terlalu lama tentu dapat membuat bagian kipas laptop kepanasan. Untuk mengatasi masalah satu ini kamu dapat menggunakan cooling pad atau pendingin laptop, agar mencegah dari laptop yang cepat panas.

2. Kegagalan Perangkat Keras

Alasan yang paling umum lainnya adalah kegagalan komponen perangkat keras, jika kamu baru saja menambahkan perangkat keras baru maka ada baiknya untuk menghapus dan melihat apakah masalah satu ini sudah hilang atau belum.

3. Driver Perangkat Kadaluwarsa, Hilang, atau Rusak

Seringkali, masalah dengan komponen perangkat keras menyebabkan masalah bukanlah perangkat keras tersebut, tetapi driver yang digunakan. Driver pada laptop yang tidak kompatibnel ternyata dapat menyebabkan berbagai macam masalah.

4. Virus Laptop

Mungkin virus menjadi salah satu penyebab yang paling jarang pada laptop yang mati dengan sendirinya, tetapi beberapa virus pada laptop akan membuatnya menjadi mati dengan sendirinya dan kemudian akan menyala lagi.

5. Pengisi Daya yang Rusak

Jika kamu sering menggunakan laptop untuk bermain game, streaming, dan lainnya mungkin akan mengalami pengisian daya yang cepat rusak. Sebagian besar perangkat terkadang dilengkapi dengan perangkat khusus yang digunakan dengan beberapa perangkat lain. Menggunakan adaptor dengan ketegangan yang rendah atau arus yang tinggi ternyata dapat menyebabkan perangkat tidak berfungsi dengan baik atau mati dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa penyebab laptop mati dengan sendirinya yang mungkin sering kamu alami. Jika kamu mengalami beberapa kerusakan pada laptop, ada baiknya untuk memperbaikinya ke

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading