Sukses

Lifestyle

5 Cara Tidak Gampang Jenuh Menjalani Rutinitas yang Ada

Fimela.com, Jakarta Rasa jenuh bisa menghampiri saat kita menjalani rutinitas yang terasa sangat repetitif. Selain itu, tekanan, beban, dan tanggung jawab yang menyertainya juga kadang membuat kita makin gampang stres menjalani keseharian. Saat kita masih harus menjalani rutinitas yang ada, maka kita perlu mengupayakan hal-hal semampu kita agar bisa lebih nyaman menjalaninya.

Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba agar tidak gampang jenuh menjalani rutinitas yang ada. Bagi yang saat ini butuh motivasi baru agar bisa lebih bersemangat menjalani hari, hal-hal berikut ini bisa dicoba.

 

1. Hadirkan Sense of Humor

Mengutip buku Menjadi Manusia Menjadi Hamba, parameter orang yang dianggap punya sense of humor, antara lain, sering tertawa dan tersenyum, atau mudah digembirakan. Kita bisa berusaha untuk menghadirkan tawa dan senyuman dalam keseharian kita. Tak harus selalu tersenyum dan tertawase tiap waktu, tapi menyisipkan sedikit kegembiraan atau humor bisa membuat rutinitas kita jadi terasa lebih menyenangkan.

2. Luangkan Waktu untuk Mendapat Sinar Matahari Pagi

Punya kebiasaan bangun pagi bisa sangat membantu kita untuk menjalani aktivitas dengan lebih bersemangat. Bahkan mendapat sinar matahari pagi bisa bantu memperbaiki suasana hati kita. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, secara biologis, matahari (sinar UVB) memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang sangat esensial bagi kesehatan tulang dan kesehatan mental. Penelitian terhadap 2.070 lansia menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan vitamin D mengalami gejala-gejala Depresi. Tanpa matahari, vitamin D di dalam tubuh tidak akan aktif sehingga tubuh kita berisiko terhadap banyak penyakit.

 

 

3. Membuat Jadwal Sesuai Kenyamanan Diri

Menulis jurnal atau membuat agenda harian bisa memudahkan kita untuk menjaga semangat menjalani rutinitas yang ada. Membuat jadwal akan membantu kita untuk menjaga produktivitas harian. Kadang rasa jenuh muncul karena kita merasa kewalahan dengan hal-hal yang kita kerjakan. Membuat jadwal bisa memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan satu per satu tanpa merasa stres berlebihan.

 

4. Selipkan Aktivitas yang Disukai

Kejenuhan bisa diredakan dengan melakukan aktivitas yang disukai. Entah itu dengan menikmati minuman dan makanan favorit. Bisa juga sekadar meluangkan waktu untuk menekuni sebuah hobi atau aktivitas tertentu. Melakukan hal yang disukai akan menghadirkan variasi dalam rutinitas dan hari yang kita jalani akan terasa lebih berwarna.

5. Beradapatasi dengan Perubahan yang Ada

Jenuh dapat muncul saat kita terlalu memaksakan diri ingin mengubah hal yang tak bisa kita ubah. Saat kita bisa lebih rela dan ikhlas menerima realitas yang tak bisa kita ubah, kita bisa lebih nyaman menjalani rutinitas. Kita pun jadi lebih fokus melakukan hal-hal yang masih bisa kita upayakan jadi lebih baik lagi.

Semoga apa pun rutinitas yang sedang kamu jalani saat ini bisa menghadirkan kepuasan batin dan kebahagiaan dalam hidupmu, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik dalam hidupmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading