Sukses

Lifestyle

5 Hal Positif yang Bisa Terjadi saat Melamun di Waktu Istirahat

Fimela.com, Jakarta Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, kadang benak dan isi pikiran kita sangat penuh. Berbagai hal memenuhi pikiran dan membuat kita merasa stres. Di saat seperti ini kita pun butuh waktu istirahat.

Waktu istirahat bisa digunakan untuk melamun. Meluangkan waktu beberapa menit untuk rehat dan menenangkan pikiran dengan melamun bisa hadirkan sejumlah hal positif. Membiarkan pikiran untuk bebas sejenak bisa memberi kita hal-hal baru.

 

1. Suasana Hati Membaik

Melamun dan menguraikan kerumitan isi pikiran bisa membuat perasaan lebih baik dan berdamai dengan pikiran negatif yang ada. Dalam sebuah studi tahun 2016 dari University of British Columbia, para peneliti menemukan bahwa membiarkan pikiran negatif yang berkeliaran sebenarnya bisa mengurangi kecemasanmu. Akan tetapi, melamun dapat menjadi masalah jika kita malah terlalu banyak memikirkan hal negatif yang justru dapat menyebakan kecemasan dan Depresi. “Ketika kamu membiarkan pikiranmu mengembara, ada baiknya untuk memperhatikan ke mana perginya,” saran Leslie Ellis, Ph.D., psikoterapis, guru, dan penulis A Clinician’s Guide to Dream Therapy.

2. Otak Lebih Rileks

Sama seperti otot yang bisa lelah saat digunakan terus menerus, otak juga mengalami kelelahan. Melansir laman Verywell Mind, melamun adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan otak. Saat pikiran bisa bebas, otak akan menjadi lebih segar dan akan merasa lebih tenang atau rileks.

3. Imajinasi Terbuka Lebih Luas

Kadang kita merasa tak bisa melakukan sesuatu karena terhalangi oleh realita yang ada. Tapi dengan melamun, seperti yang dilansir dari laman Success, imajinasi kita bisa terbuka tanpa batas. Ada ruang yang sangat luas dalam benak kita yang bisa kita jelajahi. Pengaruh positifnya kita bisa menemukan dan membuka potensi baru yang ada di dalam diri kita.

4. Menemukan Jalan Keluar

Saat sedang bingung menghadapi sebuah masalah, kita bisa rehat sejenak dan membiarkan pikiran kita bebas mengembara. Kadang kita sulit menemukan sebuah jalan keluar karena merasa berada di jalan buntu dan otak macet. Maka, berpikir dengan cara yang lebih santai bisa memudahkan kita menemukan kemungkinan-kemungkinan baru yang dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan yang kita hadapi. Otak bisa bekerja lebih baik saat kita dalam keadaan rileks.

 

 

5. Lebih Mudah Membuat Keputusan yang Tepat

Saat sedang panik, marah, atau emosi, kita bisa kesulitan membuat pilihan atau keputusan tepat. Di sini kita perlu mengambil waktu untuk melamun dan menenangkan pikiran lebih dulu. Saat kita berada dalam kondisi yang rileks, kita lebih mudah bersikap bijak dalam mengambil suatu keputusan. Tubuh dan pikiran yang rileks akan membuat kita lebih tenang dalam membuat keputusan atau mengambil sebuah pilihan.

Kalau pikiran sedang jenuh atau mulai merasa stres, bisa dicoba untuk mencari tempat yang tenang untuk membiarkan diri melamun. Sesuaikan juga dengan kenyamanan masing-masing, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading