Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Galau Saat Memikirkan Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita akan tumbuh dan berkembang pada lingkungan yang tidak peduli untuk mengetahui tujuan hidup nantinya atau rencana pada masa depan. Mungkin saat berada di bangku sekolah kamu akan menentukan apa rencana dan tujuan hidup kedepannya.

Tetapi, seiring berjalannya waktu apa yang kita rencanakan terkadang tidak sesuai dengan realita yang diharapkan. Bagi usia remaja sangat penting untuk mengembangkan diri dan melakukan apa yang mereka sukai serta sesuaikan dengan bakat yang dimiliki.

Kita semua tentu pernah merasakan galau akan masa depan nantinya, hal ini terkadang membuat sebuah ketakutan besar dalam hidup yang sering terjadi oleh banyak orang. Berikut beberapa penyebab galau akan masa depan yang sering terjadi:

1. Kurangnya Pengetahuan

Salah satu penyebab galau pada masa depan atau hal yang diimpikan oleh setiap orang adalah, kurangnya pengetahuan. Seringkali kita akan mengejar sesuatu yang dirasa sangat baik tanpa memiliki pengetahuan yang tepat serta prinsip apa saja yang harus dilakukan. Pengetahuan akan hal yang kita impikan sangat penting, selain itu pengetahuan inilah yang dapat menjadi kekuatan untuk berkembang.

2. Terlalu Banyak Penasihat atau Pendapat yang Berbeda

Tentu sebelum menentukan tujuan hidup terkadang kita akan bercerita pada seseorang yang lebih tua atau sebelumnya berpengalaman, banyak orang yang tengah menjadi korban dari “penasihat” yang salah memberikan informasi. Tentu kita harus tetap berhati-hati dengan nasihat atau pendapat seseorang, karena beberapa pendapat dari mereka akan berbeda dari pandangan kita dan beberapa orang lainnya.

3. Pengaruh Orang Tua

Mungkin hal ini akan menjadi sebuah tantangan bagi kebanyakan orang yang sering dialami, beberapa orang tua juga mendaftarkan berbagai les private atau lainnya yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keinginan dari sang anak. Padahal masalah satu ini dapat memberikan pengaruh yang kurang baik kepada anak, sangat penting bagi orang tua membiatkan anak-anaknya untuk memutuskan apa yang mereka inginkan dan yang baik untuk mereka.

4. Ragu-Ragu atau Rasa Takut

Ketakutan merupakan sebuah ancaman yang terjadi pada setiap orang, banyak orang yang terkadang meragukan kemampuan mereka untuk berhasil dan membuatnya merasa sangat takut. Rasa takut dan ragu-ragu yang dialami oleh setiap orang tentu akan membuat mereka mempertimbangkan impian dan tujuannya di masa depan.

5. Tidak Mendapat Dukungan

Salah satu hal yang membuat beberapa orang mengalami galau atau ketakutan akan masa depan dan impian mereka adalah, tidak mendapat dukungan. Kurangnya seseorang yang mendukung impian dan tujuan di masa depan akan membuat banyak orang merasa bahwa tidak ada yang memperdulikannya.

Setiap orang yang melewati masa dewasa atau masih remaja tentu pernah merasakan galau akan masa depan dan tujuan di masa yang akan datang. Rasa galau yang dialami oleh setiap orang terkadang dapat menghambat apa yang mereka impikan dan ketahui, untuk itu ada baiknya jika kamu membirakan hal ini kepada konselor atau orang tua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading