Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Sering Mimpi Buruk yang Sering Mengganggu Waktu Tidur

Fimela.com, Jakarta Bermimpi merupakan salah satu bagian dari tidur yang sering terjadi, terkadang kita akan mengalami mimpi yang menyenangkan, menakutkan, menyedihkan, atau terkadang terasa aneh. Ketika kita mengalami mimpi buruk terkadang akan membuat terbangun dari tidur.

Merupakan hal yang sangat normal jika kita mengalami mimpi buruk, tetapi jika kita terlalu sering mengalami hal ini tentu dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mimpi buruk yang dialami oleh beberapa orang terkadang juga dapat memiliki dampak negatif.

Mimpi buruk yang dialami terus menerus dapat membuat kita merasak ketakutan saat ingin tidur, berikut beberapa penyebab sering mimpi buruk yang kamu alami:

1. Stres dan Kecemasan

Situasi sedih, traumatis, atau rasa khawatir yang dialami setiap orang terkadang akan membuatnya mengalami stress dan ketakutan, hal ini terkadang akan memicu mimpi buruk. Seseorang yang memiliki banyak tekanan dan membuatnya mengalami stress terkadang akan mengembangkan mimpi buruk yang mereka alami.

2. Kondisi Kesehatan Mental

Mimpi buruk sering terjadi oleh beberapa orang yang memilliki gangguan kesehatan mental seperti gangguan stes oasca trauma (PTSD), depresi, maupun gangguan kecemasan umum. Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan mental, terkadang dapat mengalami mimpi buruk dan sering mengalami insomnia.

3. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang kita konsumsi terkadang akan memberikan efek samping yang berbeda, hal ini juga tergantung dari obat yang dikonsumsi. Beberapa obat memiliki efek untuk menekan tidur REM, jadi ketika kamu berhenti minum obat tersebut maka akan memberikan efek samping atau mungkin mengalami masalah pada tidur.

4. Kurang Tidur

Seseorang yang memiliki kurang cukup tidur, terkadang akan mempengaruhi REM atau waktu tidur yang terganggu. Ternyata kurang cukup tidur juga dapat mempengaruhi seseorang mengalami mimpi buruk.

5. Terlalu Sering Mimpi Buruk

Mungkin pada beberapa orang dewasa, faktor risiko mengalami gangguan mimpi buruk akan lebih sering daripada anak-anak. Selain itu jika kamu sering mengalami mipi buruk, terkadang akan terbiasa dengan mimpi buruk yang kamu alami.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading