Sukses

Lifestyle

Kata Oppa Resmi Masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, Apa Maknanya?

Fimela.com, Jakarta Pengaruh KPop dan drama Korea membuat masyarakat Indonesia semakin akrab dengan budaya Korea Selatan. Sehingga ada beberapa kosakata dalam bahasa Korea yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah Oppa. Dalam bahasa Korea, Oppa merupakan panggilan untuk kakak laki-laki dari pefrempuan. Namun tahukah kamu kini Oppa sudah menjadi bagian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Mengutip dari situs resmi KBBI, Oppa diartikan sebagai panggilan dari perempuan untuk laki-laki yang lebih tua. Biasanya kata Oppa baru bisa digunakan jika memiliki kedekatan atau sudah saling mengenal cukup lama.

 

Arti Oppa dalam KBBI

Kata "Oppa" bukanlah kata asing pertama yang masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Ada beberapa kata dalam bahasa asing, seperti fengsui, angpau, puyunghai, dacin, dan micin yang juga menjadi bagian dari KBBI.

"Selain penambahan entri baru, pada pemutakhiran kali ini juga terdapat beberapa perubahan pada entri dan makna yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi termutakhir," begitu keterangan mereka.

KBBI sendiri mengikuti peradaban masyarakat Indonesia yang terus berkembang. Ada kata-kata tertentu yang bisa masuk ke dalam perbendarahaan kata dalam KBBI yang diperbarui dua kali dalam setahun.

 

Acuan sebuah kata masuk KBBI

Mengutip dari Liputan6.com, Dora Amalia selaku menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan, Pusat Pengembangan, dan Pelindungan Badan Bahasa, menjelaskan bahwa kata-kata yang diusulkan masuk dalam KBBI akan diteruskan ke meja redaktur, lalu ke meja validator.

Badan Bahada mengelar lokakarya untuk menentukan apakah kata tersebut layak dimasukkan ke dalam KBBI atau tidak. Karena memiiki banyak acuan, tidak jarang para pekamus yang menyusun KBBI melakukian perdebatan. Badan Bahasa menerapkan seleksi ketat untuk menjaga mutu dan ketepatan definisi.

Pada kata "Oppa", dicantuman kode "Kor" untuk menunjukkan kata tersebut berasal dari bahasa asing, yakni bahasa Korea. Ini menunjukkan indikator unik sebagai salah satu indikator sebuah kata bisa masuk ke dalam KBBI.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading