Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Butuh Waktu Menyendiri dan Ini Hal Baik

Fimela.com, Jakarta Berbagai masalah yang datang silih berganti bisa membuat kita merasa sangat kelelahan. Banyaknya tekanan dan tuntutan hidup juga bisa membuat kita sangat kewalahan. Bersinggungan dengan banyak orang memicu berbagai macam persoalan baru.

Di fase atau titik tertentu dalam hidup kita akan membutuhkan waktu menyendiri. Waktu menyendiri bisa membuat kita mengisi ulang energi dan memulihkan diri. Berikut ini lima tanda umum dirimu saat ini sedang butuh waktu menyendiri, dan ini sebenarnya merupakan hal baik.

 

 

1. Merasa Sedih tanpa Alasan

Saat kita merasa sedih tanpa alasan atau bingung mencari akar masalah atau penyebab utama kesedihan itu, maka yang perlu kita lakukan adalah memberi ruang untuk diri sendiri. Menyendiri bisa membantu kita untuk menerima rasa melankolia yang ada. Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, perasaan melankolia menyadarkan kita betapa singkat dan berharganya hidup kita, dan betapa kita perlu menghargainya. Saat kita bisa merengkuh rasa sedih dan melankolia yang menyertai, kita akan tergerak untuk lebih menghargai hidup kita ini.

 

 

2. Emosi Makin Mudah Tersulut

Akhir-akhir ini makin sering merasakan emosi yang gampang meledak-ledak? Sering tersinggung atau mudah marah karena hal-hal yang sebenarnya kecil dan sepele? Saat emosi jadi makin mudah tersulut, maka kita perlu untuk meluangkan waktu untuk rehat sejenak. Menepi dari keramaian dan menikmati ketenangan bisa menstabilkan emosi. Serta membantu kita untuk lebih mengenali diri sendiri jadi lebih baik.

 

 

3. Segalanya Terasa Membosankan

Saat segalanya mulai terasa membosankan atau hal-hal yang tadinya menarik menjadi tidak menyenangkan lagi, ini bisa jadi kita butuh hal baru. Untuk mendapatkan hal baru seperti ide atau inspirasi baru, menyendiri bisa jadi pilihan yang paling memungkinkan untuk diambil. Menyendiri bisa memberi ruang dan kesempatan yang lebih luas untuk menghadirkan hal-hal baru untuk dilakukan atau dicoba.

 

 

4. Ingin Menjauhi Orang-Orang di Sekitar

Saat merasa ingin menjauhi orang-orang di sekitar kita dan sedang sangat lelah untuk berinteraksi atau merespons mereka, mungkin ada baiknya kita menyendiri lebih dahulu. Daripada makin menyakiti perasaan orang terdekat kita dengan sikap kita, kita bisa menjaga jarak sejenak untuk menenangkan diri. Pada saat menepi dan menyendiri sejenak, kita bisa berpikir lebih jernih atas hal-hal apa saja yang sebenarnya kita butuhkan saat ini.

 

 

5. Terlalu Banyak Pikiran

Terlalu banyak pikiran, sedang stres, atau merasa sangat jenuh, ini juga sinyal kita butuh wakt menyepi. Menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri di saat sedang terlalu banyak pikiran bisa membantu kita untuk lebih nyaman dan tenang kembali. Ibarat menginjak rem saat berkendara, menyendiri bisa membuat kita berhenti sejenak. Berhenti sejenak untuk bisa lebih mudah menemukan ketenangan diri.

Jika memang sedang butuh waktu rehat atau menyendiri, luangkan waktu saja. Kadang kita memang perlu waktu untuk istirahat dan tenangkan diri sejenak agar perasaan bisa lebih baik dan nyaman kembali.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading