Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Gelisah saat Jalan Hidupmu Terasa Lebih Lambat dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Tiap kali membuka media sosial, kita akan langsung dihadapkan pada cerminan hidup banyak orang. Tiap unggahan yang kita lihat membuat kita langsung membuat perbandingan hidup. Bahkan makin sering kita melihat kehidupan orang lain, kita makin merasa tertinggal.

Ada yang sudah lebih dulu menikah, punya anak, berkarier dengan jabatan tinggi, membuat karya-karya luar biasa, dan banyak lagi. Saat kita melihat semua itu, kita jadi merasa jalan hidup kita terasa lebih lambat. Kita merasa tertinggal dan makin gampang gelisah jalani hidup sendiri. Kalau sudah begini, apa yang sebaiknya kita lakukan?

 

1. Hadirkan Senyum saat Melihat Kehidupan Orang Lain

Tersenyum saja saat melihat orang lain bahagia. Senyuman ini bukan untuk orang lain, melainkan untuk diri sendiri. Ikutlah tersenyum karena ikut berbahagia dengan pencapaian hidup oran lain. Tepis rasa iri atau cemburu. Sebab sebuah senyuman akan membuat suasana hatimu jauh lebih baik.

2. Terima Realitas Hidupmu

Boleh saja menjadikan pencapaian orang lain atau kisah sukses orang lain sebagai motivasi diri. Boleh juga menjadikan orang lain sebagai panutan. Namun, yang tak kalah penting adalah coba untuk tetap menerima realitas hidupmu sendiri. Jalan hidupmu mungkin bukan lebit lambat, hanya berbeda. Sebab tiap orang lahir dengan nasib dan takdirnya masing-masing. 

3. Sayangi Diri Sendiri

Kadang kita merasa gelisah karena sebenarnya kita sedang jauh dari diri sendiri. Kita terlalu jauh melongok ke kehidupan orang lain sampai melupakan kehidupan sendiri. Maka dari itu, kali ini ambil jeda dan waktu khusus untuk mengapresiasi diri. Kembali sayangi diri. Kembali berterima kasih pada diri yang sudah melakukan yang terbaik hingga detik ini. Tepuk-tepuk pundakmu dan berterima kasihlah pada dirimu yang tak pernah menyerah menjalani hidup.

4. Tekuni Hal yang Disukai

Apa hal yang paling kamu sukai? Bidang apa yang paling kamu kuasai? Apa yang paling ingin kamu kembangkan dari dirimu? Dari sini, temukan hal tersebut dan coba tekuni dengan sebaik mungkin. Setidaknya sibukkan diri dengan hal yang lebih bermanfaat supaya tidak gampang galau dengan standar hidup orang lain. Saatnya untuk membuat pencapaianmu sendiri.

 

5. Buat Prioritas Hidup yang Baru

Belum terlambat untuk membuat prioritas hidup yang baru. Belum terlambat untuk mengatur dan menata ulang hidupmu. Mungkin bukan jalan hidupmu yang lebih lambat dari orang lain, tapi memang ada hal-hal yang perlu diselesaikan lebih dulu sebelum melangkah ke hal yang lain. Jadi, tak perlu meratapi keadaan terlalu lama, ya.

Semoga untuk setiap upaya dan perjuangan yang kamu lakukan, ada buah manis yang bisa kamu dapatkan. Terima kasih sudah berusaha melakukan yang terbaik hingga titik ini, hidupmu tetap layak untuk diperjuangkan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading