Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyikapi Obrolan yang Terasa Canggung

Fimela.com, Jakarta Saat berkomunikasi atau mengobrol lalu muncul rasa canggung, rasanya jadi sulit untuk bersikap. Bahkan rasanya jadi serba salah. Ingin melanjutkan obrolan tapi suasananya kaku, mau menghentikan obrolan pun bingung bagaimana cara mengakhiri agar tidak ada yang tersinggung.

Walau mungkin sulit dan jadi serba salah, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk menyikapi obrolan yang canggung agar situasi bisa sedikit membaik. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba dalam menyikapinya.

 

1. Cari Kesamaan

Pilih topik pembicaraan yang menghadirkan kesamaan. Entah itu hobi, kesukaan, atau aktivitas yang sama-sama disukai, semua bisa jadi bahan obrolan yang menghadirkan kesamaan. Saat sudah sama-sama menyukai sesuatu, biasanya obrolan bisa terjalin lebih lancar.

2. Ajukan Pertanyaan Bagus

Pertanyaan bagus yang dimaksud di sini bukan sekadar yang jawabannya "ya" atau "tidak". Melainkan pertanyaan yang perlu jawaban cukup panjang atau penjelasan yang cukup panjang. Mungkin bisa tanyakan soal perasaan, pendapat, atau sudut pandangnya tentang sesuatu. Biasanya dari sini akan lebih mudah memunculkan berbagai macam topik obrolan baru.

 

3. Maksimalkan Bahasa Tubuh

Saat masih bingung mau mengobrolkan apa, bisa coba menggunakan bahasa tubuh. Ketika berdiri, cobalah untuk berdiri lebih tegak dan hadirkan senyuman di wajah. Saat orang yang sedang kita ajak bicara melihat kita tersenyum, suasana hatinya bisa ikut membaik dan komunikasi jadi lebih ringan.

 

4. Akui Rasa Canggung yang Dirasakan

Kalau benar-benar bingung harus bagaimana dalam bersikap atau tak tahu cara mencari topik obrolan, bisa coba untuk mengakui rasa canggung yang ada. Namun, bukan menyalahkan atau menyudutkan lawan bicara kita tetapi kita bisa menyampaikan rasa canggung yang kita rasakan dan mungkin sekaligus minta maaf kalau ada yang kurang berjalan lancar saat mengobrol atau berkomunikasi.

 

 

5. Berpura-pura Tidak Canggung

Ini kebalikan dari cara sebelumnya. Tergantung dari situasi dan orang yang sedang kita hadapi, kita bisa memilih cara ini jika merasa situasinya terlalu sulit untuk dihadapi atau diatasi dengan sikap, bahasa tubuh, atau topik obrolan. Kita bisa bersikap seakan tidak ada yang terasa canggung untuk kemudian bisa menghadirkan sugesti suasana memang tidak canggung.

Walau mungkin tidak mudah, tetapi cara-cara di atas bisa jadi strategi yang bisa dicoba untuk menyikapi dan menghadapi obrolan yang canggung. Semoga infonya membantu, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading