Sukses

Lifestyle

4 Metode Putihkan Kembali Pakaian yang Menguning dan Kusam dengan Bahan yang Ada di Dapur

Fimela.com, Jakarta Pakaian putih memberikan kesan keren dan bersih pada penampilan. Terutama ketika pakaian putih yang masih baru. Namun, di satu titik ketika telah dipakai berulang kali, biasanya kain putih akan menguning dan terlihat kusam. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Ada banyak alasan kenapa pakaian putih bisa menguning. Dikutip dari thespruce.com, penyebab pakaian putih menguning disebabkan faktor lingkungan alami dan disebabkan bahan kimia ketika mencuci. Faktor lingkungan seperti paparan asap, terutama asap rokok, pada bagian ketiak terjadi reaksi antipersipran dan garam di tubuh, pakaian yang disimpan tidak benar bisa bereaksi dengan asam dalam rak kayu yang menguning.

Penggunaan detergen dan pelembut pakaian juga bisa menyebabkan pakaian menguning. Melansir dari silverbobin.com, menambahkan terlalu banyak salah satu produk ke siklus pencucian akan menyebabkan sisa penumpukan di serat kain. Lama kelamaan penumpukan ini akan mengubah kain jadi menguning.

4 Metode Putihkan Kembali Pakaian Menguning

Gunakan Cuka Putih

Selain pemutih, cuka putih adalah solusi yang cukup terkenal. Thebalance.com memujinya karena mengembalikan kulit putih suram ke status berkilau. Berikut cara agar pakaian menjadi putih menggunakan cuka putih:

  1. Tuangkan cuka ke dalam seember air panas
  2. Masukan pakaian putih, kemudian aduk hingga semua kain terendam dalam larutan cuka. Gunakan tongkat saat mengaduk sehingga tangan aman
  3. Biarkan pakaian terendam minima 1 jam, bahkan merendam lebih lama sampai semalaman pun bisa dilakukan sesuai keinginan
  4. Bilas pakaian atau cuci di mesin cuci dengan siklus panas dan keringkan.

Littlething.com menuliskan bahwa metode ini secara keseluruhan sangat baik untuk memutihkan pakaian. Tanpa butuh di gosok untuk menghilangkan noda pada pakaian bisa kembali terlihat putih. Namun, cuka tidak menghilangkkan warna kuning sepenuhnya, tetapi mengurangi warna kuning di sekitar garis leher sehingga pakaian terlihat bersih.

Gunakan Campuran Baking Soda dan Air

Soda kue dan peroksida sangat ampuh untuk memutihkan pakaian. Metode ini bekerja paling baik pada noda yang lebih kecil daripada seluruh pakaian. Berikut cara menggunakannya:

  1. Campurkan soda kue dengan air panas secukupnya hingga membentuk tekstur seperti pasta
  2. Tuangkan pasta baking soda ke noda pakaian atau pakaian putih yang menguning
  3. Gosok dengan sikat gigi atau sikat cucian
  4. Untuk hasil terbaik, gosok di dua bagian, luar dan dalam
  5. Diamkan selama 1 jam atau lebih, tergantung pada tingkat keparahan noda.
  6. Bilas pakaian atau cuci di mesin cuci dengan siklus panas dan keringkan.

Gunakan Lemon

Lemon sedikit asam, seperti cuka. Ini membuat mereka menjadi pembersih dapur yang serba guna. Kelebihannya, lemon mengeluarkan aroma jeruk yang menyegarkan. Mampu memotong lemak dan kotoran, lemon adalah salah satu penghilang noda alami. Berikut penggunaannya:

  1. Rebus dengan air yang cukup untuk menutupi pakaian yang menguning. Tambahkan jus lemon atau irisan lemon dan didihkan air.
  2. Saat air mendidih, angkat panci dari api. Kenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari panasnya air. Dengan menggunakan penjepit cucian atau sendok kayu, masukkan pakaian Anda ke dalam panci dan dorong pakaian ke bawah permukaan air. Putar item di sekitar selama sekitar satu menit.
  3. Biarkan pakaian terendam selama minimal satu jam. Kemudian keluarkan pakaian dari panci dan peras sisa air dengan lembut. Jemur pakaian di luar. Hari yang cerah akan membantu jus lemon memutihkan pakaian putih lebih efektif.

Sabun Pencuci Piring

Mencampur sabun cuci piring dengan peroksida dapat menjadi penghilang noda ampuh. Berikut cara penggunaan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian putih:

  1. Tambahkan 1 cangkir sabun cuci piring ke dalam ember berisi air hangat. Aduk untuk memastikan tercampur dengan baik. Masukan pakaian dan rendam di bawah permukaan air. Biarkan meresap selama minimal 30 menit. Tuangkan larutan pada area yang bernoda.
  2. Gosok pakaian secara cepat dengan sikat gigi. Berkonsentrasilah pada area dengan tanda-tanda menguning atau noda terberat. Bilas sabun cuci piring di bawah air dingin yang mengalir. Diamkan selama 1 jam atau lebih lama, tergantung pada tingkat keparahan noda.
  3. Cuci pakaian seperti biasa menggunakan detergen biasa dan keringkan.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading