Sukses

Lifestyle

5 Bukti Sebenarnya Dirimu Kuat Hadapi Kerasnya Hidup

Fimela.com, Jakarta Kerasnya hidup kadang membuat kita "babak belur". Saat satu masalah selesai, muncul masalah baru. Ekspektasi dan tekanan hidup pun makin bertambah seiring waktu berlalu. Semua itu membuat kita rasanya ingin putus asa dan menyerah saja.

Hidup yang makin berat menjadi realitas yang kadang tak bisa kita hindari. Sehingga cara untuk bisa menghadapinya adalah memperkuat diri dan meningkatkan upaya terbaik untuk menjalani setiap momennya. Di dalam diri kita pun sebenarnya sudah ada bekal untuk melewati setiap masa sulit yang ada. Ini lima tanda atau bukti bahwa sebenarnya kita punya kemampuan untuk berjuang dan bertahan dalam hidup.

 

1. Bisa Berdamai dengan Rasa Sepi

Rasa sepi tak menjadi hal yang kamu benci lagi. Justru kamu senantiasa berdamai dengan tiap rasa sepi yang ada. Mengutip sebuah kalimat dalam tulisan "Alone Time" dalam buku The Lonely Stories, "People are, it would seem, lonelier than ever and also less used to being alone." Dengan semua dinamika kehidupan yang ada saat ini, kita makin rentan mengalami kesepian. Hanya saja ketika kita sudah berdamai dengan rasa sepi, kita akan senantiasa kuat melewati setiap fase perubahan dalam hidup. Sebab kesepian bisa menghadirkan ruang untuk membantu kita lebih mengenal diri sendiri dan menemukan kekuatan baru di tiap perjalanannya.

2. Menyayangi Diri Sendiri Seutuhnya

Kamu menyayangi dirimu dengan semua kelebihan dan kekuranganmu. Sehingga kamu senantiasa memaksimalkan setiap waktu yang kamu punya di dunia ini. Bahkan kamu senantiasa melakukan hal bermanfaat untuk meningkatkan eksistensi diri. Mengutip buku Yes to Live, pemenuhan makna hidup manusia dapat dilakukan dalam tiga arah: manusia mampu memberikan makna pada eksistensinya: dengan melakukan sesuatu, dengan bertindak, dan dengan mencipta-mewujudkan sebuah karya. Saat kita sudah merasa diri dan hidup kita berharga, maka kita akan senantiasa bersemangat memperjuangkan hal terbaik dalam hidup ini.

 

3. Mampu Beradaptasi Hadapi Perubahan

Kadang yang membuat kita sulit hadapi kerasnya hidup adalah karena kita terlalu memaksakan kehendak pribadi. Saat kita terlalu kaku menjalani hidup dan sulit beradaptasi dengan perubahan, kita akan mudah terjatuh dan terpuruk. Maka, saat kita sudah memiliki kemampuan atau setidaknya senantiasa berusaha beradaptasi terhadap setiap perubahan, maka kita akan lebih kuat jalani hidup.

4. Mau Terus Belajar Hal Baru

Senantiasa terbuka pada hal-hal baru. Kamu selalu berusaha memelajari hal baru. Meraih berbagai macan pengalaman baru memperkaa jiwamu. Kesempatan dan pengalaman baru akan membuat hidup lebih berwarna lagi, bahkan memberi semangat baru untuk senantiasa memperjuangkan hidup dengan lebih baik lagi.

 

 

5. Memiliki Kendali Diri yang Baik

Untuk hal-hal yang tak bisa kamu ubah, kamu menerimanya dan memetik hikmah atau pelajaran terbaiknya. Untuk hal-hal yang masih diperbaiki dan diupayakan, kamu berusaha mengerahkan semua hal terbaikmu. Kamu memiliki kendali diri yang lebih baik dalam menyikapi dan merespons realitas. Kamu meyakini tugasmu dalam hidup ini adalah mengusahakan segala yang terbaik, serta menyerahkan hasilnya tergantung pada Yang Maha Kuasa.

Kerasnya hidup memang tak selalu mudah dijalani, tetapi yakin saja bahwa semua pengalaman yang ada akan menempa diri kita jadi pribadi yang lebih kuat dan bijak lagi ke depannya. Tetap semangat ya, Sahabat Fimela!

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading