Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Dilanda Rasa Gelisah Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Rasa gelisah bisa membuat kita merasa tak nyaman. Rasanya segala hal jadi serba rumit. Ada rasa takut, was-was, hingga rasa sedih yang menghampiri.

Biasanya karena suatu permasalahan yang belum ada jalan keluarnya atau dihadapkan pada sebuah ketidakpastian, rasa gelisah yang kita rasakan bisa sangat berlebihan. Hati yang gelisah ini pun bisa sangat mengganggu keseharian kita. Untuk itu, kita perlu mengupayakan sejumlah cara atau strategi sederhana untuk redakan rasa gelisah berlebihan agar hati bisa lebih tenang.

 

 

1. Yakini bahwa Segala Sesuatunya Punya Waktu

Yang membuat kita cemas seringkali karena kita terlalu sering membuat perbandingan. Padahal kita tak bisa terus membandingkan diriku dengan orang lain. Baik membandingkan diri dengan melihat ke atas maupun ke bawah. Sebab tiap orang punya zona waktunya sendiri. Segala sesuatunya punya waktunya yang tepat sendiri. Jadi, daripada gelisah karena mencemaskan hal yang belum tentu terjadi, lebih baik fokus jalani hari ini sebaik mungkin.

 

 

2. Uraikan Perasaan Gelisah

Kita bisa menuliskan isi hati dan perasaan kita untuk menguraikan rasa gelisah yang ada. Mengutip buku How to Respect Myself, hati bisa menjadi tenang saat masalah yang tadinya kusut dan sesak bisa terpampang jelas di depan mata. Caranya adalah dengan memilah perasaan. Coba pilah dan uraikan perasaan berdasarkan peristiwa, pikiran, dan tindakan. Saat segalanya sudah terurai, biasanya rasa gelisah akan berkurang.

 

 

3. Izinkan Diri untuk Menepi dari Keramaian

 Ambil rehat untuk mendapatkan waktu hening. Ciptakan suasana untuk menyendiri sejenak. Bisa dilakukan pada malam hari, dini hari, atau pagi hari. Luangkan waktu selama beberapa saat untuk menikmati kesunyian. Atur kembali napasmu dan dengar detak jantungmu. Kadang kita merasa gelisah karena terlalu banyak memikirkan berbagai hal sehingga butuh menyepi sejenak agar bisa mengalirkan perasaan tenang.

 

4. Sibukkan Diri dengan Merapikan Sesuatu

Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Aktivitas menata atau merapikan sesuatu bisa membantu kita untuk menata kembali pikiran kita. Saat melihat segalanya kembali rapi, biasanya perasaan nyaman akan hadir menggantikan rasa gelisah.

 

 

5. Terima Keterbatasan yang Ada

Biasanya rasa gelisah muncul karena kita merasa tak berdaya. Kita merasa ingin melakukan sesuatu atau memperbaiki sesuatu tapi tak bisa melakukan apa-apa sehingga kita pun merasa gelisah. Bila kita memang tak bisa melakukan apa-apa, maka izinkan diri untuk menerima semua realitas yang ada. Kita punya keterbatasan, dan itu adalah hal yang wajar.

Semoga kegelisahan yang sedang kamu rasakan saat ini bisa segera mereda, ya. Terima kasih sudah berjuang dan melakukan yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading