Sukses

Lifestyle

Tenangkan Diri, 5 Cara Meredam Rasa Gelisah di Hatimu

Fimela.com, Jakarta Ketika kita merasa gelisah, rasanya segalanya terasa serba salah. Kita pun merasa tidak bisa tenang. Semua yang kita lakukan seperti tidak ada yang benar. Semua hal yang kita perbuat dan pikirkan pun rasanya kusut tak karuan.

Agar hati kembali tenang, kita memang perlu mengusahakannya. Perlahan-lahan kita bisa memproses hati dan perasaan kita untuk meredam kegelisahan yang ada. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk membuat hati kembali tenang saat gelisah.

1. Terima Rasa Sakit yang Ada

Ada rasa sakit yang menyesakkan di dada, coba untuk terima. Ada beban yang begitu berat di bahu dan pundak, coba untuk terima. Langkah ini memang yang paling sulit, tapi ke depannya akan sangat membantu kita untuk mengurai benang kusut di benak dan pikiran kita. Kalau ingin menangis, menangis saja. Kalau ingin teriak, luapkan saja. Selama tidak makin menyusahkan dan menyakiti diri, coba untuk lepaskan semua rasa tidak nyaman yang ada di hati.

 

2. Memilah Perasaan

Mengutip buku How to Respect Myself, hati bisa menjadi tenang saat masalah yang tadinya kusut dan sesak bisa terpampang jelas di depan mata. Caranya adalah dengan memilah perasaan. Coba pilah dan uraikan perasaan berdasarkan peristiwa, pikiran, dan tindakan. Dengan cara ini, kita bisa menstabilkan hati. Setidaknya kita tahu akar permasalahan dari kegelisahan yang kita rasa. Sehingga bisa lebih fokus mencari jalan keluarnya.

3. Atur Napas

Rasa gelisah kerap membuat kita tidak tenang. Di saat seperti ini, coba untuk kembali mengatur napas. Tarik napas perlahan, dan embuskan. Lakukan berulang kali sampai detak jantung kembali stabil dan perasaan lebih nyaman. Mengatur napas bisa sangat membantu kita untuk bisa menstabilkan perasaan.

4. Lakukan Hal yang Paling Disukai

Hal apa yang paling kamu sukai? Hobi atau kegiatan apa yang paling membuatmu nyaman saat melakukannya? Coba untuk lakukan hal yang bisa menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan dalam diri. Atau bisa coba dengan melakukan hal baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Melakukan sesuatu bisa membuat pikiran kita lebih segar, tanpa harus terlalu lama tenggelam dalam rasa kesedihan.

 

5. Izinkan Diri Menerima Realitas Apa Adanya

Kadang rasa gelisah muncul karena kita merasa tak berdaya. Kita merasa ingin melakukan sesuatu atau memperbaiki sesuatu tapi tak bisa melakukan apa-apa. Bila kita memang tak bisa melakukan apa-apa, maka izinkan diri untuk menerima semua realitas yang ada. Izinkan diri untuk menerima semua yang terjadi, agar hati bisa lebih ikhlas dan rela. Hingga pada akhirnya kita masih punya tenaga untuk melangkah ke depan.

Bagi yang saat ini masih merasa gelisah atau tidak tenang, semoga bisa segera menemukan kenyamanan dan kebahagiaan, ya. Apa pun masalah yang sedang dihadapi, yakin saja pasti ada jalan keluar terbaik yang bisa didapatkan.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading