Sukses

Lifestyle

5 Bukti Masa Lalumu Memberi Pelajaran Berharga yang Membuatmu Kuat

Fimela.com, Jakarta Hal-hal yang terjadi di masa lalu tak bisa kita ulang kembali. Kita pun tak bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan yang sudah telanjur terjadi. Meski masa lalu kita tak selalu indah, semua pengalaman yang ada bisa menempa kita jadi pribadi yang lebih kuat.

Saatnya untuk menjalani masa kini dengan optimisme baru. Berikut ini lima tanda umum atau bukti bahwa kamu sudah bisa berdamai dengan masa lalu dan kini jiwamu lebih kuat dan tegar dari sebelumnya.

 

1. Tidak Menyalahkan Keadaan

Melansir laman mindwellnyc.com, kita adalah manusia yang punya keterbatasan pengetahuan, bahkan keterbatasan pengalaman. Melakukan kesalahan atau berbuat salah adalah hal yang manusiawi. Saat kita sudah bisa belajar dari kesalahan dan tidak menyalahkan keadaan, maka kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.

2. Lebih Bijak saat Membuat Pilihan

Mungkin kamu teringat dengan sejumlah pilihan di masa lalu yang membuatmu terpuruk atau terjatuh. Ada keputusan-keputusan yang terlalu gegabah yang pernah kamu buat di masa lalu. Namun, kamu tidak menyalahkan dirimu atas itu semua. Sebab semua pelajaran dan pengalamannya membantumu jadi pribadi yang lebih bijak dalam membuat pilihan.

 

 

3. Bisa Tersenyum Jalani Masa Kini

Saat teringat "pil pahit" yang pernah ditelan di masa lalu, kamu memang masih akan merasakan kesedihan. Namun, itu tak membuatmu terpuruk atau bersedih berlarut-larut. Malah saat ini kamu bisa tersenyum jalani masa kini. Sebab semua yang terjadi di masa lalu itu justru yang membantumu kuat dan bisa bertahan hingga sampai ke titik ini.

 

 

4. Punya Semangat Mencoba Hal Baru

Membuat kesalahan adalah hal yang wajar. Yang penting adalah kita bisa memetik hikmah atau pelajaran dari kesalahan yang ada. Sehingga ke depannya kita bisa lebih berhati-hati agar tidak jatuh ke lubang yang sama. Ketika saat ini kita masih punya semangat untuk mencoba hal baru, maka sebenarnya kita adalah pribadi yang kuat dan lebih berani.

 

 

5. Menerima Rasa Susah Senang dengan Terbuka

Susah senang, sedih bahagia, dan berbagai suka duka adalah bagian dari kehidupan. Saat kita sudah lebih terbuka menerima semua rasa itu, maka itu jadi bukti bahwa kita sudah berdamai dengan kehidupan. Itu pun memudahkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih tegar jalani hidup.

Semoga kita bisa menjalani masa kini dengan lebih baik, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sekarang. Kamu luar biasa.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading