Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Mudah Galau Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Rasa galau bisa makin meningkat dan menguat seiring bertambahnya usia. Dengan makin bertambahnya beban dan tekanan hidup, kita jadi rentan galau. Hanya saja bukan berarti kita membiarkan diri kita terpuruk terlalu lama dalam rasa galau tersebut.

Hidup ini tetap layak diperjuangkan dengan baik tanpa harus merasa galau berlebihan. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba agar tidak mudah galau jalani hidup.

 

 

1. Relakan yang Tak Bisa Dimiliki

Hidup memang seperti ini, tidak semua hal yang diinginkan selalu bisa didapatkan. Kita perlu merelakan sesuatu atau seseorang yang tak bisa kita miliki. Kalau kita malah menyalahkan keadaan atas sesuatu atau seseorang yang tak bisa kita dapatkan, kita malah makin merasa stres sendiri.

 

 

2. Terbuka Hadapi Ketidakpastian Hidup

Sebagai manusia kita punya keterbatasan. Bahkan sesuatu yang sudah kita upayakan bisa membuahkan hasil yang di luar prediksi. Untuk itu, kita perlu terbuka hadapi ketidakpastian hidup. "Ketidakpastian menimbulkan kecemasan. Ketidakpastian dan kecemasan berkaitan erat. Semakin kita cemas, semakin sulit kita menenggang ketidakpastian," tulis Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book. Agar tidak mudah galau, kita perlu menerima faktor ketidakpastian yang bisa sewaktu-waktu hadir dalam kehidupan kita.

 

 

3. Fokus pada Pikiran Baik

Tak semua hal yang ditakutkan akan terjadi. Jangan memercayai semua pikiran buruk. Saat ada pikiran negatif atau hal-hal buruk memenuhi isi kepala, tak perlu mencerna dan memercayai semuanya. Fokus pada pikiran baik. Hadirkan perasaan positif tiap kali pikiran buruk menghigapi.

 

 

4. Cintai Kehidupan Sendiri

Bukan berarti kita egois atau mementingkan diri sendiri. Namun, saat kita sudah mau mencintai kehidupan kita, maka kita akan melakukan upaya terbaik untuk memperjuangkan hal-hal yang bisa kita upayakan. Tidak menuntut orang lain mencintai kita agar bahagia, melainkan kita berupaya menciptakan kebahagiaan kita sendiri untuk hidup yang lebih indah.

 

 

5. Senantiasa Belajar Hal-Hal Baru

Saat melakukan kesalahan atau membuat pilihan yang keliru dalam hidup, maafkan diri sendiri agar setelah itu bisa menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi. Kejadian dan pengalaman menyakitkan hadir untuk menguatkan kita. Jadi, tak perlu galau berlebihan saat kita mengalami hal tak nyaman dalam hidup.

Semoga ke depannya kita bisa menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi, ya. Tak perlu galau berlebihan sebab usahamu untuk bertahan hingga saat ini sudah luar biasa.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading