Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Hati saat Merasa Tak Pernah Cukup Dicintai

Fimela.com, Jakarta Merasakan cinta merupakan salah satu perasaan terindah yang pernah ada. Apalagi ketika kita dicintai oleh orang yang juga kita cintai, ada kebahagiaan yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata-kata. Namun, bagaimana jika kita merasa tak pernah cukup dicintai?

Perasaan tak pernah dicintai dengan baik atau cukup kadang membuat kita merasa merana. Bahkan rasanya kita jadi orang yang paling menderita sebab tak bisa bahagia. Hanya saja bukan berarti itu jadi pertanda kita akan menderita selamanya. Kita masih punya kemampuan untuk menguatkan hati dan diri kembali dengan cara-cara seperti berikut ini.

 

1. Terima Rasa Sedih yang Ada

Mengutip buku How to Love, tidak memiliki kenangan dicintai menyebabkan tidak ada zona nyaman untuk mengontrol emosi sehingga tidak tahu caranya mencintai diri sendiri dan harga diri pun terperosok ke bawah. Harga diri yang rendah ini menciptakan stres yang ekstrem karena cinta dianggap sebagai "pertanda pengabaian". Wajar jika kita merasa sedih saat merasa tidak cukup dicintai. Jadi, tak apa-apa merasa sedih dan terimalah rasa sedih itu agar tidak mengganjal di hati.

2. Bersahabat dengan Diri Sendiri

Orang yang paling butuh perhatian saat ini adalah diri sendiri. Saat merasa sedih karena seakan diabaikan atau dikucilkan, kita perlu lebih erat memeluk diri sendiri. Bersahabat dengan diri sendiri lebih baik lagi. Rawat diri dan perlakukan diri dengan cara paling nyaman agar kita bisa menghadirkan cinta dari diri sendiri untuk diri sendiri.

 

3. Sadari Cinta Bisa Berasal dari Mana Saja

Kadang kita merasa kecewa sampai kehilangan harga diri saat seseorang yang sangat kita cintai tidak mencintai kita. Cinta yang tak berbalas memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Kita bisa kembali menguatkan diri dengan menyadari bahwa cinta bisa berasal dari mana saja. Tak hanya harus dari satu orang saja atau satu sumber saja. Mencari pengalaman baru, mengunjungi tempat baru, atau berkenalan dengan orang baru bisa menghadirkan bentuk cinta yang indah juga.

4. Tingkatkan Rasa Harga Diri

Saat tidak dicintai, kadang kita merasa tidak berharga. Harga diri pun jadi ikut menurun. Sebelum kita makin terpuruk dan terjebak dalam rasa tidak nyaman, kita perlu melakukan upaya terbaik untuk meningkatkan harga diri kita. Bisa dengan mengasah kelebihan diri atau memaksimalkan potensi diri agar kita merasa memiliki makna baru dalam hidup.

5. Tetap Jalani Hari Semampunya

Ketika masih merasa berat dan rasanya sulit untuk langsung bangkit dari rasa sedih, mungkin kita memang sedang butuh waktu dan proses yang berbeda. Hanya saja tak perlu berkecil hati. Tetap jalani hari semampu kita. Lakukan hal-hal yang bisa membuat kita merasa nyaman sesuai dengan kemampuan diri. Memiliki niat atau keinginan untuk bisa tetap bertahan di masa sulit sudah menjadi bentuk keberanian yang istimewa.

Terima kasih sudahh berjuang dan bertahan hingga saat ini. Tetaplah menebar cinta dan kebaikan dalam hidup sesuai kemampuan kita. Yakin saja kebahagiaan akan hadir menghampiri dengan sendirinya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading