Sukses

Lifestyle

Takut Kehilangan Momen, Ini 6 Tanda Seseorang Mengalami FOMO

Fimela.com, Jakarta FOMO (Fear Of Missing Out) atau rasa takut ketinggalan, adalah perasaan otentik yang dialami banyak orang. Kamu mungkin mendapati diri mengatakan ya untuk hal-hal yang tidak kamu inginkan hanya karena kamu tidak ingin ketinggalan. Jika ini terjadi pada dirimu, maka kamu mungkin saja mengangami FOMO.

Banyak bendera merah mungkin menunjukkan seseorang memiliki FOMO. Ingatlah bahwa hanya karena seseorang memiliki salah satu dari dua gejala tidak berarti mereka memiliki masalah ini. Namun, semakin banyak tanda yang mereka miliki, semakin besar kemungkinan mereka menderita masalah mental ini. Lalu seperti apa tanda-tanda jika seseorang mengalami FOMO? Penasaran? Yuk, simak selengkanya di bawah ini.

1. Mereka Selalu Ada di Ponselnya

Orang yang menderita FOMO, mungkin menghabiskan cukup banyak waktu di ponsel mereka. Mereka akan terus-menerus menghabiskan waktu mereka untuk mengirim pesan teks dan menggulir media sosial, bahkan ketika mereka sudah membaca setiap pembaruan. Mengetahui siapa yang dikencani semua orang atau apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain akan sangat penting bagi mereka.

Mereka cenderung menatap ponsel mereka sambil berjalan di tempat yang ramai sambil juga bekerja dengan lambat. Bahkan jika seseorang dengan FOMO menabrak sesuatu, orang-orang ini mungkin tidak menyimpan ponsel mereka. Kebiasaan ini menyebabkan linglung, pelupa, dan keterputusan dari dunia saat ini.

2. Tidak Nyaman di Rumah Sendiri

Sementara beberapa orang menikmati waktu sendirian di rumah, tidak semua orang melakukannya. Jika seseorang khawatir bahwa mereka kehilangan, mereka akan cemas dan tidak nyaman sendirian di rumah.

Alasan inilah mengapa mereka cenderung pergi ke luar rumah. Mereka yang memiliki FOMO selalu harus berada di suatu tempat yang menyenangkan dan melakukan sesuatu dengan teman-teman mereka. Jika tidak, mereka mungkin kehilangan lelucon atau kesempatan berfoto.

3. Orang dengan FOMO Mengabadikan Banyak Momen

Jika mereka memotret semua yang mereka makan, minum, pakai, atau apa yang mereka lakukan, mereka mungkin khawatir akan ditinggalkan. Mereka akan mengunggah semuanya ke media sosial.

4. Menonton Setiap Episode Acara Televisi Segera

Bahkan jika mereka memiliki hal lain untuk diselesaikan, mereka masih akan menonton film atau acara televisi yang baru dirilis. Ini karena mereka ingin segera membicarakannya. Mereka akan merasa ketinggalan jika tidak dapat berpartisipasi dalam diskusi.

5. Memiliki Jadwal Pertemuan yang Padat

Salah satu tanda bahayanya adalah orang tersebut memiliki kalender sosial yang penuh sesak. Mereka bahkan masih akan mencoba mencari acara lain untuk ditambahkan ke rencana mereka. Jika mereka tidak dapat menemukan sesuatu untuk dilakukan segera, mereka akan menghabiskan waktu berlebih untuk mencari bagian atau acara yang akan dihadiri.

6. Kekhawatiran Bahwa Mereka Ketinggalan, Bahkan saat Melakukan Hal Lain

Bahkan ketika mereka bersenang-senang dan menikmati waktu mereka, mereka akan khawatir ketinggalan informasi. Orang-orang ini akan berpikir tentang apa yang dilakukan orang lain dan bertanya-tanya apakah mereka bisa bersenang-senang di tempat lain.

Nah, itu tadi beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin mengalami FOMO tanpa kamu menyadarinya. Well, sebaiknya kamu memiliki kontrol diri untuk menggunakan media sosial, ya!

#WomenforWomen

Loading