Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Hati saat Gelisah Hadapi Tekanan Hidup

Fimela.com, Jakarta Tekanan hidup dan berbagai macam tuntutan bisa bertambah seiring waktu berjalan. Makin bertambah usia, makin banyak hal yang harus kita selesaikan. Berbagai macam persoalan yang hadir pun bisa membuat kita rentan mengalami rasa gelisah.

Untuk redakan rasa gelisah, ada sejumlah cara yang bisa kita coba. Berikut ini lima strategi sederhana yang bisa bantu redakan rasa gelisah hadapi tekanan hidup. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Kita bisa menyepi atau mencari waktu untuk menepi sejenak dari keramaian. Meluangkan waktu unutk diri sendiri bisa bantu redakan gelisah karena kita memberi kesempatan bagi benak kita untuk beristirahat. Mengutip buku Meditations, Marcus Aurelius mengungkapkan, "Tak ada tempat yang lebih tenang dan rileks daripada saat seorang manusia beristirahat dengan masuk ke dalam jiwanya sendiri, terutama ketika di dalam dirinya memiliki pikiran-pikiran seperti itu, sehingga melihat ke dalamnya akan membuatnya segera dan sepenuhnya merasa tenang; dan aku tegaskan bahwa ketenangan tidak lain adalah pikiran yang teratur dengan baik."

2. Rapikan Sesuatu

Pikiran yang teratur bisa minim rasa gelisah. Saat perasaan dilanda gelisah, cemas, dan was-was berlebihan, kita bisa coba untuk merapikans sesuatu. Entah merapikan rak, kamar, atau sekadar menata ulang barang-barang yang ada di ruangan. Merapikan sesuatu akan menghadirkan kesibukan dan bantu menguraikan benang kusut di kepala.

 

3. Menangis Secukupnya

Menangis bisa menjadi salah satu mekanisme terbaik untuk menenangkan diri. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Sitem saraf simpatis, membantu tubuh untuk beristirahat dan melancarkan sistem metabolisme. Namun, manfaatnya tidak langsung, mungkin perlu beberapa menit untuk meneteskan air mata sebelum merasakan efek menenangkan dari menangis.

4. Tidak Perlu Memaksa Diri Berlebihan

Tidak semua hal bisa kita lakukan. Tak semua urusan bisa kita kerjakan dengan sempurna. Untuk hal-hal yang berada di luar kuasa kita, ikhlaskan dan relakan. Lalu, fokus pada hal-hal yang masih bisa kita upayakan agar tidak merasa gampang gelisah lagi.

5. Sampaikan Terima Kasih untuk Diri Sendiri

Setelah menangis atau bahkan meratapi nasib karena rasa capek yang luar biasa dalam menjalani hidup, kini saatnya untuk berterima kasih pada diri sendiri. Terima kasih pada diri yang masih memilih untuk bertahan di situasi sulit. Terima kasih pada diri yang masih berupaya untuk memulihkan diri di saat baru terjatuh atau terluka.

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sekarang. Semua yang kamu lakukan hingga titik ini sungguhlah luar biasa.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading