Sukses

Lifestyle

5 Kelebihan Ini Dimiliki Perempuan yang Terbiasa Hidup Mandiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi perempuan mandiri bisa membantu kita untuk lebih kuat menghadapi berbagai persoalan hidup. Mengingat masalah dan tantangan hidup bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu, membiasakan diri untuk berdiri di atas kaki sendiri bisa menempa mental kita jadi lebih kuat juga. Bahkan kita bisa memiliki sejumlah kelebihan dan keistimewaan sendiri dengan kebiasaan kita hidup mandiri.

Terbiasa hidup mandiri akan membentuk sejumlah karakter positif dalam diri. Berikut ini lima kelebihan yang umumnya dimiliki oleh perempuan yang terbiasa hidup mandiri. Selengkapnya, langsung saja kita simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tidak Gampang Stres saat Sendirian

Ada saatnya sesuatu harus dihadapi sendiri. Bahkan untuk bisa kembali tenangkan diri, perlu ruang untuk menyendiri. Menjadi perempuan yang terbiasa mandiri, kita akan dihadapkan pada upaya untuk berdamai dengan kesepian. Bahkan kita butuh waktu menyepi untuk tenangkan diri. Melansir laman inc.com, berdasarkan penelitian berjudul Solitude: An Exploration of Benefits of Being Alone, ditemukan bahwa orang-orang yang meluangkan waktu untuk menyendiri cenderung lebih bahagia. Mereka melaporkan bisa memiliki kepuasan hidup yang lebih baik, serta memiliki kadar stres yang lebih rendah.

 

 

2. Punya Semangat Tinggi Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru membuat hidup lebih berwarna. Terbiasa mandiri mendorong kita untuk berani mencoba hal-hal baru. Mencoba hal-hal baru ini membantu pribadi kita jadi lebih kuat dan berkembang lebih baik. Tak harus menunggu disemangati atau didorong orang lain untuk membuat kita berani mencoba menghadirkan pengalaman baru dalam hidup.

 

 

3. Mudah Bahagia dengan Cara Sederhana

Bisa menikmati secangkir kopi hangat di waktu istirahat sudah bisa membuat kita bahagia. Dapat memasak makanan kesukaan di rumah juga bisa membuat kita tersenyum. Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Terbiasa hidup mandiri membuat kita makin menyadari bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab kita, dan untuk mendapatkannya sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana.

 

4. Tidak Takut Merasakan Kesepian

Kesepian adalah bagian penting dari sifat manusia. Mengutip buku Honjok, para filsuf awal abad kedua puluh seperti Soren Kierkegaard, Jean-Paul Sartre, dan Friedrich Nietzsche sependapat bahwa manusia ada sebagai makhluk tersendiri, tiba di dunia sendirian, melakukan perjalanan hidup sendirian, dan meninggalkan dunia juga sendirian. Terbiasa hidup mandiri membuat kita makin mudah berdamai dengan rasa kesepian. Bahkan memeluk kesepian bisa menghadirkan makna baru dalam hidup.

 

 

5. Punya Kebebasan Sendiri

Kita bisa menemukan kebebasan untuk diri sendiri dengan mengerjakan atau melakukan hal yang kita suka dan butuhkan dengan kemandirian yang kita punya. Terbiasa mengerjakan atau menuntaskan sesuatu dengan kemampuan sendiri yang dimiliki, kita bisa mengoptimalkan kelebihan yang kita punya. Dari kemampuan dan kelebihan yang kita punya, ada kebebasan yang kita miliki dalam menentukan jalan hidup kita sendiri.

Semoga kita bisa menjadi perempuan yang tetap bahagia dalam menjalani hidup, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sekarang.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading