Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Kegiatan Seru dan Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air Untuk Rayakan HUT Ke-77 RI

Fimela.com, Jakarta Bulan Agustus selalu menjadi bulan istimewa bagi Indonesia karena pada 17 Agustus masyarakat Indonesia merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dan pada 17  Agustus 2022 ini Indonesia memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan ini.

Masyarakat kerap merayakan hari kemerdekaan dengan memasang bendera merah putih di setiap rumah, upacara, perlombaan, menonton film patriotisme bersama, dan banyak kegiatan lainnya. Setiap orang memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara yang berbeda-beda tentunya.

Namun, terdapat beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan dalam memaknai perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan Kemerdekaan dan persatuan Indonesia. Simak beberapa rekomendasi kegiatan untuk merayakan Hari Kemerdekaan bersama orang-orang terdekat!

Mencintai dan menggunakan produk lokal

Sebagai warga Indonesia, menggunakan dan mencintai produk lokal merupakan bentuk mencintai tanah air. Apalagi produk lokal semakin berkualitas dan tidak kalah bersaing dengan produk asing. Dengan menggunakan produk lokal, artinya ikut berkontribusi menyejahterakan kehidupan pengrajin dan usaha lokal, serta meningkatkan perekonomian.

Rangkaian produk buatan Indonesia menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi komunitas masyarakat sekitar serta lingkungan. Banyak produk buatan Indonesia yang diciptakan berkualitas dan berstandar Swedia yang dipasarkan di gerai IKEA di penjuru dunia.

Beberapa produk IKEA yang dibuat di Indonesia adalah bantal merah khas IKEA berbentuk hati FAMNIG HJÄRTA, papan lukis Mala, dan Nykil, sofa serbaguna yang dapat diubah menjadi tempat tidur. Tidak hanya berupa barang, produk coklat lokal juga tersedia, yakni AnekaCoklat, tujuh varian coklat yang berkualitas tinggi dan unik, serta dibuat dengan tujuan untuk memberdayakan petani kakao lokal

Menikmati kuliner khas Indonesia

Merayakan HUT ke-77 RI juga bisa dilakukan dengan menyantap kuliner khas Indonesia. Indonesia terkenal dengan kulinernya yang lezat dan khas. Makanan Indonesia sangat khas dengan perpaduan rempah dan bumbu yang membuatnya kaya akan cita rasa.

Beberapa pilihan makanan khas Indonesia adalah rendang dan sate meranggi. IKEA turut merilis kedua menu makanan ini dengan keunikan plant-based. Plant Based Rendang Wrap dan Plant Based Maranggi Satay tidak hanya lezat, tapi juga terbuat sepenuhnya dari bahan nabati yang tetap terjaga kelezatannya.

Bagi pecinta ayam, menu Ayam Bakar Kecap bisa jadi hidangan pilihan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Dalam merayakan Hari Kemerdekaan ke-77, IKEA memberikan penawaran terbatas di mana pembeli bisa mendapatkan ayam bakar kecap, kue cokelat mint, dan minuman ringan.

Mengunjungi tempat bersejarah

Tidak hanya sekadar berlibur, mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah juga bisa menjadi cara merayakan HUT RI. Masyarakat juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai sejarah Indonesia dan perjuangan pahlawan di masa lalu. Dengan demikian, perasaan nasionalisme semakin meningkat.

Untuk menunjang perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, pastikan untuk membawa tas yang nyaman ketika dipakai. Salah satu tas yang bisa dibawa adalah EFTERTRÄDA, tas serbaguna yang luas dengan kantong untuk menaruh benda-benda kecil.

Dan pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan membawa minum. Enkelsparig, botol air baja tahan karat yang praktis dibawa kemana-mana. Sahabat Fimela juga dapat mempercantik botol air dengan menempelkan stiker limited edition kolaborasi antara IKEA Indonesia dan seniman visual lokal, Muklay.

Silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga

Berkumpul dengan keluarga bisa jadi pilihan kegiatan dalam merayakan HUT RI. Terdapat banyak hal seru yang dapat dilakukan bersama guna mempererat kekerabatan, mulai dari makan bersama, menonton film, lomba 17-an di rumah, maupun sekadar berbincang.

Jika perayaan Hari Kemerdekaan tersebut turut dihadiri oleh anak-anak, maka coba menggelar permainan engklek dengan menggunakan kapur warna-warni, Mala. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat memperkenalkan anak-anak kepada permainan tradisional Indonesia.

Namun, perayaan dengan keluarga kurang lengkap tanpa acara makan-makan. Karena makan bersama serta menyantap hidangan lezat, kumpul keluarga akan semakin menyenangkan. Keluarga dapat menyajikan berbagai hidangan berkuah khas Indonesia dengan menggunakan mangkuk putih elegan, Upplaga.

Menggelar lomba 17 Agustus

Perayaan peringatan Kemerdekaan Indonesia identik dengan kegiatan perlombaan. Tak hanya anak muda, terdapat berbagai perlombaan yang dapat diikuti orang dewasa seperti panjat pinang, balap karung, dan lomba makan kerupuk.

Perayaan dengan lomba yang umumnya diadakan satu kali setahun ini dapat menjadi ajang berkumpul serta dapat menjalin hubungan baik antar warga. Terdapat berbagai kegiatan seru berhadiah menarik berupa es krim, voucher, hingga produk home furnishing yang dilaksanakan di gerai-gerai IKEA.

Beberapa di antaranya adalah perlombaan 17-an untuk anak-anak di IKEA Mal Taman Anggrek, arm and plant pot painting untuk anak-anak di IKEA Alam Sutera, lomba menggambar anak-anak bertema: pahlawan di sekitarmu di IKEA Kota Baru Parahyangan dan tantangan merakit dan menata produk IKEA dan treasure seeker challenge di IKEA Sentul City.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

What's On Fimela
Loading