Sukses

Lifestyle

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Perubahan Suasana Hati yang Buruk

Fimela.com, Jakarta Kita semua mengalami suasana hati yang buruk dan, pada akhirnya, kita menghilangkannya. Alasan utama kita kesulitan beranjak dari emosi kita adalah karena kita tidak bisa menghilangkan suasana hati yang buruk jika kita tidak menyadari apa penyebabnya.

Ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk memperbaiki suasana hati, dan yang pertama adalah mencari tahu apa penyebabnya. Nah, berikut adalah beberapa penyebab umum dari suasana hati yang buruk dan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rasa Bersalah

Merasa bersalah bahkan sedikit dapat berdampak besar pada suasana hati kita. Melupakan hari ulang tahun seseorang dapat membuatmu merasa tidak enak bahkan jika kamu meminta maaf. Cara terbaik untuk mengatasi perasaan bersalah adalah dengan menebus tindakanmu.

2. Penolakan Kecil

Penolakan adalah cedera emosional yang sangat umum, terutama di era media sosial. Ketika kamu memposting foto liburan di Facebook atau Instagram dan tidak ada yang "like", itu bisa membuat perasaan menjadi sedih. Orang sering memeriksa media sosial dengan cepat, saat menunggu lift, terjebak di lampu lalu lintas, atau saat duduk di bus. Jika seseorang yang dekat belum merespons, kamu dapat menganggap mereka terlalu sibuk untuk melakukannya, dan mengirimi mereka teks atau pesan yang meminta mereka untuk melihat fotomu jika kamu ingin berbagi.

3. Terlalu Banyak Tugas atau Pekerjaan

Daftar pekerjaan dapat membuat pikiran kita menjadi kacau dan menurunkan suasana hati. Tetapi kamu tidak harus menyelesaikan setiap tugas yang luar biasa untuk meningkatkan suasana hati. Penelitian telah menemukan bahwa hanya membuat rencana untuk menangani tugas sudah cukup untuk menghilangkan gangguan mental dan meningkatkan suasana hati. Jadi putuskan kapan kamu akan mengerjakan tugas itu.

4. Merenung

Banyak dari kita yang terjebak dalam memutar ulang adegan-adegan menyedihkan yang terjadi berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan yang lalu. Studi menunjukkan bahwa gangguan selama dua menit seperti mengerjakan teka-teki silang atau bermain Candy Crush atau Sudoku sudah cukup untuk mengganggu pikiran yang menyusahkan dan memulihkan suasana hatimu.

Well, sebelum kamu marah-marah karena mengalami perubahan suasana hati, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading