Sukses

Lifestyle

5 Bukti Sebenarnya Hidupmu Tidak Tertinggal dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Saat sedang melihat kehidupan orang lain, kadang kita merasa makin kerdil. Apalagi saat melihat pencapaian-pencapaian baru orang lain, kita makin merasa tertinggal. Seakan-akan hidup kita tak berkembang dan malah membuat kita berjalan mundur. Padahal tiap orang punya perjuangan dan perjalanannya sendiri.

Saatnya untuk melihat hidup kita sendiri dari sisi dan sudut pandang yang lebih baik. Berikut ini lima tanda sebenarnya hidupmu tidak tertinggal dari orang lain. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Bisa Bahagia dengan Cara Sendiri

Selama masih bisa bahagia dengan cara yang kita pilih dan lakukan sendiri, maka kita sebenarnya tidak tertinggal dari orang lain. Orang lain mungkin tampak melaju lebih jauh, tetapi bukan berarti kita harus bisa berada di tempat dan posisi yang sama dengannya untuk bahagia. Diri kita di sini dengan semua yang kita miliki saat ini bisa bahagia dengan cara sendiri, dan ini menjadi bukti bahwa kita punya perjalanan kita sendiri dan bukan tertinggal dari siapa pun.

2. Punya Makna Hidup

Mengutip buku Man's Search for Meaning, sebuah jajak pendapat publik dilaksanakan di Prancis beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa 89 persen peserta mengakui bahwa manusia membutuhkan "sesuatu" agar dapat hidup. Selanjutnya, 61 persen mengakui bahwa mereka rela mati demi sesuatu atau seseorang. Dengan kata lain, memiliki makna hidup bisa membantu kita untuk lebih bahagia. Saat bisa menjalani makna hidup yang dipegang tersebut, maka kita sebenarnya tidak tertinggal dari orang lain. Melainkan sedang berproses dengan perjuangan kita sendiri.

3. Bisa Bertanggung Jawab dengan Pilihan yang Diambil

Ketika menyadari ada tanggung jawab yang perlu kita terima dari tiap pilihan yang diambil, maka kita tidak mudah tertekan saat ada tantangan atau hambatan yang perlu diatasi. Mengambil sebuah pilihan atau keputusan dalam hidup, dan bisa bertanggung jawab atas itu, maka kita bisa membuat pencapaian kita sendiri. Sehingga tak harus merasa tertinggal dari orang lain sebab kita punya tangga sendiri untuk didaki sendiri.

4. Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Ketika sudah nyaman dengan diri sendiri, kita tak akan terobsesi dengan standar hidup orang lain. Bahkan kenyamanan yang dirasakan saat ini bisa jadi pertanda bahwa ada perjalanan yang bermakna yang sedang kita alami saat ini. Kita tak tertinggal dengan orang lain sebab ada langkah-langkah dan ruang sendiri yang perlu kita isi dengan hal-hal yang bermakna.

5. Mendapat Kepuasan Batin

Dengan pilihan hidupmu, kita bisa mendapat kepuasan batin dan ini bisa jadi sumber kebahagiaan kita sendiri. Apa pun pencapaian atau aktivitas yang kita lakukan, bila itu bisa menghadirkan kepuasan batin maka tak perlu mencemaskan soal hidup kita yang tertinggal. Sebab hidup kita ini indah apa adanya.

Tiap orang punya perjalanan dan perjuangan hidupnya masing-masing. Jadi, tak perlu bersedih berlebihan meratapi hidup sendiri, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading