Sukses

Lifestyle

4 Game Seru untuk Melatih Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Memiliki jadwal atau menyisihkan waktu untuk melatih fisik dengan pergi ke gym merupakan suatu hal yang umum dilakukan oleh beberapa orang. Namun, Mengatur jadwal untuk melatih kecerdasan otak juga merupakan hal penting yang harus masuk ke dalam rutinitas sehari-hari lho.

Mengutip dari MarthaStewart.com, Dr. Hayley Kristinsson, seorang neuropsikolog di Departemen Neurologi Kesehatan UCI mengatakan, "Latihan kognitif penting untuk menjaga fungsi kognitif yang baik sepanjang hidup Anda, dan itu dapat membantu mencegah atau memperlambat penurunan saat ini atau lebih lanjut,"

Melatih kecerdasan otak tidak melulu harus dilakukan dengan belajar dan menghafal banyak materi sekolah. Melatih kecerdasan otak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya yaitu dengan bermain game yang seru. Merangkum dari beberapa sumber, berikut alasan dan beberapa game seru yang dapat dimainkan untuk melatih kecerdasan otak.

Mengapa Penting untuk Melatih Otak?

Melansir dari healthline.com, Rebecca Marcus, seorang psikoterapis berlisensi di New York, menjelaskan beberapa alasan pentingnya bermain game untuk melatih otak, diantaranya:

1. Game untuk melatih otak dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan memori.

2. Dapat membantu untuk membuat seseorang lebih present dalam kegiatan sehari-hari.

3. Meskipun game untuk melatih otak tidak dapat mencegah penurunan kognitif dan demensia terkait usia, penelitian menunjukkan bahwa game untuk otak ini dapat memperlambat atau menundanya.

Marcus mengatakan bahwa bermain game otak sama seperti rutinitas pergi ke gym yang jika tidak dilakukan selama berbulan-bulan, otot dan kekuatan pun akan hilang, hal ini juga berlaku untuk ketajaman otak yang bila tidak pernah dilatih maka akan menurunkan beberapa fungsinya, salah satunya adalah melemahnya fokus.

Marcus juga menambahkan bahwa game yang dipilih harus bervariasi serta memiliki tingkatan kesulitan atau tantangan yang berbeda setiap harinya. "Jika Anda hanya memainkan hal yang sama berulang-ulang, otak menjadi tidak tertantang lagi dan mulai berjalan dengan autopilot," ungkapnya.

Berikut 4 game seru yang dapat dimainkan untuk melatih kecerdasan otak:

1. Sudoku

Sudoku merupakan permainan penempatan angka pada kotak-kotak kosong yang sudah tersedia. Game ini mengandalkan memori jangka pendek. Mengutip dari verywellmind.com, game sudoku yang menggunakan perencanaan dalam proses permainannya dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi jangka pendek. Game ini juga dapat dimainkan baik secara langsung dengan menggunakan kertas dan pensil ataupun secara online lewat ponsel.

2. Rubik

Rubik merupakan game yang paling terkenal di dunia sebagai game untuk melatih kecerdasan otak. Dengan memiliki 43 triliun kemungkinan gerakan yang dapat dilakukan pada rubik, game ini disinyalir sangat cocok untuk merangsang otak, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta meningkatkan memori otak selama bermain rubik.

3. Puzzle 1000 potongan

Salah satu game untuk melatih otak yang tidak memerlukan komputer atau ponsel untuk dimainkan adalah puzzle 1000 potongan. Mengutip dari MarthaStewart.com, game yang cocok untuk segala usia ini direkomendasikan oleh Dr. Zavala, Ia mengatakan, "Game ini memungkinkan pemainnya untuk mengembangkan kemampuan kesadaran spasial dan keterampilan memecahkan masalah, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak."

4. Catur

Game yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena seringkali dimainkan oleh para orang tua untuk mengisi waktu luangnya. Catur merupakan game yang penuh dengan strategi dalam proses permainannya. Bermain catur dapat membantu meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik, meningkatkan memori dan kemampuan kognitif, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 tentang bermain catur sebagai kegiatan melatih otak, menunjukkan bahwa salah satu manfaat bermain catur adalah dapat membantu melindungi orang dewasa dan orang tua dari demensia.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading