Sukses

Lifestyle

How To: 6 Cara Membersihkan Bunga Es pada Kulkas

Fimela.com, Jakarta Sedikit bunga es di freezer kamu adalah hal yang normal, tetapi bisa menjadi masalah seiring waktu. Terlalu banyak bunga es dapat merusak makanan dan dapat menunjukkan masalah dengan freezer. Ada cara sederhana untuk menghilangkan embun beku yang menumpuk. Kamu dapat mengikis penumpukan atau mencairkan freezer untuk mencairkan kelebihan es.

Bunga es pada freezer yang menumpuk juga bisa memakan tempat penyimpanan. Selain itu bisa mengakibatkan penyumbatan yang dapat membuat kulkas kamu rusak. Membersihkan bunga es sendiri merupakan bagian terpenting dari perawatan kulkas. Kamu bisa menghilangkan bunga es dengan membiarkan mencair sendiri. Namun ini akan memakan banyak waktu.

Karena mencairkan es adalah pekerjaan yang berantakan. Kamu dapat menghindari lantai yang kotor dan mengurangi jumlah pembersihan setelahnya dengan melapisi lantai di sekitar lemari es kamu dengan handuk atau koran.

Tips Membersihkan Bunga Es

Berikut ini cara-cara mudah untuk membersihkan bunga es

1. Spatula plastik atau sendok kayu.

Ini adalah salah satu cara tercepat untuk menghilangkan bunga es. Spatula plastik atau sendok kayu paling aman digunakan karena kecil kemungkinan kamu akan melukai diri sendiri saat menggores atau menusuk saluran gas.

Gosok perlahan di bawah es untuk mulai mengeluarkannya. Pegang ember atau tempat sampah di bawah pintu freezer untuk mengumpulkan kerokan. Lanjutkan hingga sebagian besar atau semua bunga es telah hilang. Metode ini bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan metode lain, seperti mencairkan es dengan mencabut steker freezer.

2. Air panas dan kain

Basahi kain pembersih atau spons dengan air panas. Pegang kain lembab langsung di atas tumpukan es atau embun beku. Tekan dengan lembut untuk menghangatkan es di bawahnya. Jika kain mulai dingin, rendam dalam lebih banyak air panas dan oleskan kembali ke es. Lanjutkan proses ini sampai es mencair sepenuhnya. Gunakan handuk kertas atau kain pembersih kering untuk menyerap kelembapan sebelum kamu menutup lemari es.

3. Sendok kayu atau sikat bulu

Jika kamu kesulitan mencairkan bongkahan es dengan air panas, gunakan sikat dengan bulu sedang atau kaku untuk mengikis bongkahan es yang padat. Atau, coba hancurkan potongan es dengan sendok kayu yang kokoh. Setelah kamu mengeluarkan es, sapu kristal es yang jatuh ke dalam mangkuk dan masukkan ke bak cuci piring agar bisa meleleh. Hindari menggunakan benda tajam untuk mengikis penumpukan beku; kamu mungkin berisiko merusak bagian dalam lemari es kamu.

 

4. Alkohol dan kain hangat

Kain yang sudah dicelupkan dengan air hangat memang bisa membantu membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas. Namun, cara ini akan jauh lebih efektif dengan larutan alkohol. Celupkan lap ke dalam air mendidih dan tuangkan alkohol di atasnya.

Lalu, lap bunga es dengan kain tersebut. kamu bisa berfokus pada potongan kecil di bagian tepi freezer sehingga bunga es mencair dengan cepat. Cara mencairkan bunga es ini cenderung lebih efektif pada lapisan yang tipis dibandingkan bongkahan es yang besar.

5. Hair dryer

Pastikan hair dryer tidak pernah bersentuhan dengan air atau es. Terapkan aturan yang sama pada kabel listrik hair dryer. Untuk keselamatan kamu sendiri, pastikan juga kamu tidak berdiri di air. kamu juga harus mempertimbangkan keamanan freezer. Jangan arahkan hair dryer ke elemen apa pun atau ke dinding tertentu untuk waktu yang lama.

Mengarahkan hair dryer ke es akan membuatnya meleleh, tetapi cara yang lebih cepat adalah dengan mendapatkan udara panas di belakang es. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk mencungkil potongan yang lebih besar atau mengikis ujungnya dengan alat.

6. Spatula logam panas

Gunakan spatula logam yang dipanaskan dengan hati-hati. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk menghilangkan es, tetapi ini adalah metode yang paling membutuhkan kehati-hatian. Mulailah dengan mengenakan sarung tangan oven dan memegang spatula logam di atas api atau sumber panas lainnya. Kemudian, letakkan spatula yang sudah dipanaskan di atas es sampai mulai meleleh. Seka air dengan kain kering.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading