Sukses

Food

5 Cara dan Tips Menghilangkan Bau Ikan di Kulkas

Fimela.com, Jakarta Kulkas rentan bau amis jika kita sering menyimpan ikan dan ragam boga bahari di dalamnya. Apalagi kalau kita tidak menggunakan wadah penyimpanan yang rapat, maka bau ambis bisa memenuhi kulkas. Namun, tenang saja ada sejumlah cara dan tips menghilangkan bau ikan di kulkas yang bisa dicoba.

Membersihkan kulkas secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga kebersihannya. Selain itu, untuk kasus bau amis pada kulkas, berikut ini cara yang bisa diikuti untuk menghilangkannya. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

 

 

1. Pakai Baking Soda dan Sabun Pencuci Piring

Setelah kabel power dicabut dan kulkas dikosongkan, kita bisa mulai membersihkan bagian dalam kulkas. Setelah itu, siapkan mangkuk berisi campuran air hangat, baking soda dan sabun pencuci piring. Celupkan spons ke dalam larutan tersebut, lalu usapkan ke permukaan bagian dalam kulkas. Kemudian, seka dengan lap kering yang bersih.

 

2. Pakai Gumpalan Koran Bekas dan Ekstrak Vanila

Bau amis yang mengganggu bisa dinetralisir dengan aroma wangi ekstrak vanilla. Kita bisa menyiapkan gumpalan koran bekas. Kemudian celupkan ke larutan yang berisi air dan beberapa ekstrak vanilla. Usapkan ke permukaan bagian dalam permukaan kulkas yang berbau amis, lalu seka dengan lap bersih. Untuk menghilangkan bau amis di freezer, tinggal letakkan saja gumpalan koran tadi di dalamnya dan tutup, lalu biarkan sekitar 2 hari.

3. Pakai Larutan Cuka

Usap dan gosokkan cuka pada bagian dalam kulkas. Diamkan dulu selama sekitar 30 menit, lalu seka dengan lap basah dan lanjut dengan lap kering untuk menghilangkan bau amis ikan. Aroma cuka yang kuat bisa menghilangkan bau amis ikan yang terlalu menyengat.

 

4. Pakai Bubuk Kopi

Kulkas sudah dibersihkan dan bebas dari kotoran tapi masih tercium bau amis? Kita bisa menggunakan bubuk kopi. Caranya dengan menaruh bubuk kopi dalam piring kecil. Lalu taruh di bagian kulkas yang menjadi sumber bau. Diamkan selama setidaknya 24 jam agar bau amisnya hilang.

5. Pakai Arang

Arang juga bisa digunakan untuk menetralisir bau amis. Caranya mudah aja. Setelah kulkas dibersihkan dan bebas dari kotoran, masukkan mangkuk yang berisi arang. Kemudian atur suhu kulkas ke suhu minimun, lalu tutup rapat-rapat. Diamkan setidaknya seharian agar bau amisnya hilang.

Itu tadi lima cara dan tips menghilangkan bau ikan di kulkas yang bisa dicoba. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading