Sukses

Lifestyle

5 Cara Menabung dengan Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Tabungan sangat bermanfaat untuk keuangan stabil di masa depan, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Nyatanya, masih banyak ibu rumah tangga yang gagal dalam menabung. Salah satu alasannya karena tidak bisa mengontrol keuangan dengan baik.

Namun tak perlu khawatir lagi, karena pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tips menabung dengan mudah untuk Ibu rumah tangga. Simak penjelasannya sampai akhir ya.

1. Catat pengeluaran dan pemasukan dengan detail

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar pemasukan dan pengeluaran, tujuannya tentu untuk mengetahui ke mana uang tersebut dialirkan. Karena pada dasarnya, semakin besar pemasukan, maka akan semakin besar juga pengeluarannya.

Langkah ini sangat ampuh untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan. Oleh karena itu, biasakanlah mencatat pemasukan dengan pengeluaran secara detail.

2. Catat daftar belanja

Selain mencatat pengeluaran dan pemasukan, alangkah baiknya kamu juga memiliki daftar belanja bulanan hingga mingguan. Hal tersebut berguna untuk membatasi membeli barang yang tidak berguna atau hal-hal yang tidak penting.

Catatlah daftar belanja seperti biasanya, lalu pertimbangkan lagi setiap barangnya. Apakah perlu dibeli atau tidak. Dengan begitu keuanganmu akan semakin hemat. Setelah hemat, barulah uang tersebut bisa disisihkan untuk tabungan.

3. Minimalisir pengeluaran tidak penting

Sebaiknya mulai membatasi pengeluaran yang tidak penting. Seperti membeli sepatu atau baju tiap bulan, nongkrong setiap hari, hingga jalan-jalan tiap bulan. Hal tersebut bisa dibatasi dengan menjadi jalan-jalan saat suntuk dan butuh refreshing saja. Membeli baju atau sepatu saat dibutuhkan, hingga nongkrong ketika ada keperluan saja.

Dengan melakukan hal tersebut, maka pengeluaranmu akan sedikit dan sisa uang belanja bulanan bisa ditabung.

4. Kumpulkan uang receh

Tips menabung selanjutnya adalah mengumpulkan uang receh yang kamu punya. Kamu bisa menyimpan uang receh di celengan atau wadah lainnya yang aman. Biasanya orang cenderung meremehkan uang receh dan menaruhnya sembarangan hingga terlupakan. Padahal uang receh jika dikumpulkan sedikit demi sedikit bisa menjadi banyak, lho.

Mengumpulkan uang receh tersebut juga bisa menjadi tabungan harian bagi para ibu rumah tangga.

5. Membuat rekening khusus untuk tabungan

Tindakan yang disarankan para ahli keuangan saat menabung ialah memisahkan rekening harian dengan tabungan. Intinya, kamu harus memiliki 2 rekening terpisah. Dengan begitu kamu bisa menyimpan tabungan kamu dengan aman tanpa takut habis dibuat belanja.

Demikianlah beberapa tips menabung dengan mudah untuk para Ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading