Sukses

Lifestyle

7 Cara Membersihkan Lantai Kayu Tanpa Merusaknya

Fimela.com, Jakarta Rumah adalah tempat yang kita tinggali dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, segala perabot atau furnitur di dalamnya haruslah sesuai dengan yang kita inginkan. Hal ini dikarenakan jika tidak sesuai, maka akan memengaruhi perasaan kita selama di rumah. Apalagi kita menempatinya dalam waktu yang lama.

Salah satunya adalah lantai yang ada di dalam rumah pun harus sesuai dengan keinginan kita. Ada banyak orang yang memilih menggunakan lantai keramik di dalam rumah. Namun ada juga yang lebih menyukai menggunakan lantai kayu.

Lantai kayu sendiri adalah produk yang dibuat dari kayu gelondongan, yang dirancang untuk digunakan sebagai alas bangunan dengan tujuan yang bersifat struktural maupun estetis. Lantai kayu banyak dipilih karena tampilannya yang lebih estetis atau dipandang lebih indah daripada lantai keramik.

Namun, terkadang masih banyak yang bingung bagaimana cara membersihkan lantai kayu agar tidak cepat rusak. Karena nyatanya ada beberapa cara yang harus dilakukan agar lantai kayu menjadi lebih awet. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan lantai kayu agar tidak mudah rusak.

Cara Membersihkan Lantai Kayu

1. Sapu Lantai Secara Berkala

Lantai kayu memang anti gores, namun tumpukan kotoran seperti helai rambut yang dibiarkan terlalu lama akan membekas dan merusak lantai kayu. Sebaiknya segera bersihkan jika kamu melihat ada kotoran di lantai. Jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala.

2. Jangan Gunakan Sikat Lantai

Sikat lantai yang kasar dapat merusak lantai. Lebih baik gunakan pel yang kering atau penyedot debu dengan sikat yang lembut. Sapulah sesuai arah kayu. Dengan demikian, kamu bisa  mengangkat setiap kotoran yang masuk di antara alur dari potongan-potongan lantai kayu dan membuat lantai jadi lebih bersih.

3. Segera Bersihkan Cairan yang Tumpah

Jika ada cairan yang tumpah, segera bersihkan dengan kain lap yang lembut. Jangan biarkan cairan tersebut menggenang terlalu lama meskipun cairan tersebut hanyalah air biasa. Cairan yang menggenang terlalu lama dapat merusak lapisan pelindung yang terdapat pada lantai kayu dan meninggalkan noda. 

4. Cukup Gunakan Kain Pel

Jangan gunakan alat penguap atau penggosok karena dapat merusak lantai kayu. Jika lantai terlihat kusam, cukup ambil lap pel dan gosokkan kuat-kuat untuk membersihkannya. Meskipun harus digosok beberapa kali agar tampak bersih, lap pel tetap lebih aman untuk lantai kayu.

Membersihkan Lantai Kayu dengan Benar Bisa Mencegah Kerusakan

5. Gunakan Cuka

Jika kamu masih merasa kurang bersih jika hanya menggunakan kain pel dan air saja, kamu bisa mencoba menggunakan cuka. Jangan menggunakan sabun pembersih yang beraroma pinus karena dapat meninggalkan residu sabun dan membuat lantai terlihat kusam.

6. Gunakan Air Panas

Kamu juga bisa menggunakan air panas untuk membersihkan lantai kayu. Tidak perlu menggunakan air yang mendidih, cukup air yang hangat saja. Kamu bisa menggunakan kain pel, namun lebih efektif kalau kamu menggunakan spons. Hal ini dikarenakan spons lebih ampuh dalam mengangkat noda yang ada di lantai kayu.

7. Gunakan Sabun Lembut

Sabun lembut atau sampo bayi juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu tanpa merusaknya. Tambahkan 2 sendok (30 ml) sampo bayi ke dalam air panas lalu diaduk merata. Jangan menggunakan pengharum atau deterjen berwarna karena dapat membuat garis pada lantai dan merusaknya.

Itulah 7 cara membersihkan lantai kayu tanpa merusaknya. Kamu bisa melakukan cara-cara tersebut untuk membuat lantai kayumu awet dan terhindar dari kerusakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading