Sukses

Lifestyle

5 Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Kotor dan Berjamur dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Apakah kondisi kaca jendela di rumah sedang kotor dan berjamur? Ada baiknya membersihkan kaca jendela secara rutin, agar terhindar dari kotor dan berjamur. Kaca yang bersih akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan baik.

Kaca jendela yang berjamur ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di sekitar kaca. Kemudian jamur akan membuat kaca menjadi buram dan mudah rusak. Jamur dapat berkembang biak pada kaca jendela yang lembap.

Selain terhindar dari kotoran dan jamur, rajin membersihkan kaca jendela bisa membuat kaca tampak mengkilap. Membersihkan kaca jendela bisa menggunakan spon pembersih, wiper pembersih kaca, atau kain microfiber. Berikut cara membersihkan kaca jendela yang mudah:

Cara Membersihkan Kaca Jendela

1. Bersihkan Kaca dari Atas ke Bawah

Saat membersihkan kaca jendela, bersihkan dari atas ke bawah. Biarkan kotoran jatuh ke bawah bersama dengan sabun pembersih kaca. Hindari menggunakan gerakan dari atas ke bawah lalu bawah ke atas. Karena kotoran yang terusap ke bawah akan terbawa ke atas.

2. Gunakan Cairan Antiseptik

Ada banyak kuman, bakteri dan jamur yang menempel pada kaca jendela. Lebih baik gunakan cairan yang mengandung antiseptik. Cairan ini akan membantu menghilangkan dan membunuh bakteri dan jamur yang menempel di kaca jendela.

3. Gunakan Kain Kering Khusus

Untuk membersihkan kaca jendela, Sahabat Fimela bisa menggunakan kain kering khusus untuk kaca, seperti kain microfiber. Kain ini memiliki sisi yang lembut dan cepat kering. Pastikan menggosok kaca jendela dengan hati-hati menggunakan kain ini, sampai jamur dan kotoran yang menempel pada kaca hilang.

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Selanjutnya

4. Gunakan Pasta Gigi

Tak hanya digunakan untuk membersihkan gigi. Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela. Pasta gigi dapat menghilangkan kotoran dan jamur pada kaca jendela secara ampuh. Oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang kotor, lalu gosok menggunakan sikat pelan-pelan dan bilang hingga bersih.

5. Gunakan Air Soda

Cara membersihkan kaca jendela yang terakhir adalah dengan air soda. Air soda dapat disemprotkan pada bagian kaca yang berjamur. Lalu gosok dengan kain yang mudah menyerap air dan teksturnya lembut.

Alat untuk Membersihkan Kaca Jendela

Ada beberapa alat yang wajib digunakan untuk membersihkan kaca. Sebelum membersihkan kaca jendela, sebaiknya gunakan sarung tangan karet terlebih dahulu. Sarung tangan ini bisa melindungi tangan dari kotoran dan cairan pembersih kaca.

Gunakan spon, wiper kaca atau kain microfiber untuk membersihkan kaca jendela. Spon dapat menyerap kotoran yang menempel pada kaca. Sedangkan wiper pembersih kaca bisa membersihkan kaca jendela dengan bidang luas, agar terlibat lebih bersih, kesat dan mengkilap. Untuk kain microfiber yang memiliki daya serap tinggi, akan membantu membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kaca jendela.

Permukaan kaca jendela akan lebih bersih, jika dibersihkan menggunakan sabun antiseptik. Karena kandungan dalam sabun antiseptik dapat membunuh kotoran, bakteri dan jamur yang menempel pada kaca. Pembersih ini juga akan membuat kaca terlihat mengkilap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading