Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Perempuan Berjiwa Dewasa yang Bisa Berdiri di Atas Kaki Sendiri

Fimela.com, Jakarta Kedewasaan seseorang bisa sangat dipengaruhi oleh pengalaman hidupnya. Mungkin usia sedikit banyak memengaruhi kedewasaan kita. Namun, pengalaman hidup dan pelajaran yang kita dapatkan sepanjang hidup bisa berdampak besar terhadap kedewasaan kita.

Saat ini kita pun mungkin sudah memiliki jiwa yang lebih dewasa. Kedewasaan kita membuat kita mampu berdiri di atas kaki sendiri dan hidup lebih teguh serta mandiri. Berikut ini lima tanda ada jiwa dewasa di dalam dirimu yang bisa membantumu untuk lebih semangat lagi jalani hidup.

 

 

1. Memiliki Kelekatan yang Aman

Mengutip buku How to Love, jenis kelekatan seseorang yang positif terhadap dirinya sendiri maupun orang lain disebut kelekatan yang aman (secure attachment). Orang seperti ini memiliki harga diri yang tinggi dan rasa percaya yang besar terhadap dunia sehingga kemampuannya untuk mencintai pun relatif penuh. Saat kamu sudah memiliki kelekatan yang aman, kamu bisa lebih percaya diri dalam menjalani hidup dan memudahkanmu untuk hidup lebih mandiri lagi.

 

2. Berani Mengatasi Tiap Masalah

Masalah yang hadir kamu hadapi dan atasi dengan sebaik mungkin. Meski tak semua masalah bisa diselesaikan dengan sempurna dan cepat, tapi setidaknya kamu tidak pernah lari dari masalah. Keberanian untuk menghadapi dan mengatasi tiap masalah menjadi bukti ada kedewasaan luar biasa di dalam dirimu.

3. Mampu Mengelola Emosi dengan Baik

Seiring bertambahnya usia dan pengalaman hidup, kamu pun terlatih untuk mengelola emosi dengan lebih baik. Mengutip laman Bright Side, menjadi dewasa artinya bisa menerima emosi sendiri dengan baik dan tidak bereaksi dengan cara destruktif. Ketika kamu sudah tahu cara memposisikan diri dalam menghadapi ragam situasi dan emosi, maka kamu sudah lebih dewasa. Sehingga hati pun bisa lebih tenang dan tidak gampang panik saat dihadapkan pada suatu persoalan.

4. Mampu Mengisi Waktu dengan Hal-Hal Produktif

Ada saatnya istirahat atau rehat. Serta, ada saatnya mengerahkan semua tenaga dan waktu untuk bekerja keras. Kamu berupaya menjalani rutinitas atau melakukan aktivitas yang produktif, dan ini bisa membuatmu lebih mudah jadi pribadi yang mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri. Menjadi dewasa juga berarti lebih bertanggung jawab atas setiap waktu yang dimiliki.

 

 

5. Mengenali dan Menyayangi Diri

Kamu makin menyadari pentingnya mengenali dan menyayangi diri sendiri. Sebab ini jadi bekal utama untuk bantu meringankan beban orang lain atau menghadirkan lebih banyak manfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitar kita. Saat sudah nyaman dengan diri sendiri dan tidak gampang terobsesi dengan membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain, maka kamu sudah bisa bersinar dengan kepribadianmu yang istimewa.

Semoga ke depannya kamu bisa terus jadi pribadi yang lebih baik, ya. Terima kasih sudah berusaha melakukan semua hal dengan sepenuh hati hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading