Sukses

Lifestyle

5 Cara Mendapatkan Kembali Semangat Hidup untuk Hati Bahagia

Fimela.com, Jakarta Masalah hidup yang berat dan tanggung jawab yang makin banyak bisa membuat kita rasanya ingin menyerah saja dalam menjalani hidup. Kadang semangat hidup pun meredup. Membuat kita yang tadinya masih bisa tersenyum dan tertawa berubah jadi muram dan murung.

Untuk mendapatkan kembali semangat hidup, ada sejumlah cara yang bisa dicoba sebagai semacam pertolongan pertama. Kalau cara-cara ini belum bisa membuat hati dan perasaanmu membaik, ada baiknya untuk segera mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater ya.

 

1. Peluk Rasa Kesepian

Saat merasa kehilangan semangat hidup biasanya kita merasa kesepian. Ada rasa sepi dan sendiri yang rasanya begitu pekat seakan membuat kita terjebak di ujung goa yang gelap. Namun, rasa kesepian itu tak perlu dihindari. Cobalah untuk merengkuh dan berdamai dengan perasaan itu. Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Ketika rasa kesepian hadir, ini bisa jadi pertanda kita perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan lebih memahami apa yang kita inginkan serta butuhkan dalam hidup.

2. Bersihkan Hal-Hal yang Ada di Sekitar

Mengutip buku Things Left Behind, Ketika semangat hidup hilang, mula-mula kita akan melepaskan hal-hal sepele seperti membuang sampah, mencuci piring sesudah makan, membersihkan debu di perabotan, dan mengepel lantai. Ketika kita makin membiarkan rumah atau tempat yang kita tinggali berantakan dan kacau, bisa makin hilang semangat hidup kita. Untuk itu, agar bisa mengumpulkan kembali semangat hidup walau sedikit, bisa dimulai dengan berbenah atau membersihkan hal-hal yang ada di sekitar kita.

 

3. Melakukan Sesuatu untuk Diri Sendiri

Kapan terakhir kalinya kamu melakukan hal baru atau sesuatu untuk menyenangkan diri sendiri? Biasanya karena kita terlalu terbebani dengan ragam ekspektasi dan kesibukan kita jadi melupakan pentingnya merawat diri. Ketika semangat hidup mulai menurun, bisa coba untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri. Menghadirkan pengalaman baru atau kejutan baru dalam hidup bisa membuat kita kembali bersemangat melangkah ke depan.

4. Apresiasi Diri Sendiri

Keberadaan kita di dunia ini penting dan berharga. Maka, perlu juga kita kembali mengapresiasi diri sendiri dan perjalanan yang sudah kita tempuh hingga titik ini. Hadirkan rasa puas terhadap diri sendiri. Melansir laman Psychology Today, beberapa penelitian dari University of Michigan tentang kesejahteraan hidup di Amerika menemukan bahwa prediktor terbaik dari kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup secara umum bukanlah memiliki banyak uang, keluarga perhatian, persahabatan, atau pasangan sempurna, tetapi kepuasan terhadap diri sendiri. Orang yang merasa puas dengan dirinya sendiri ternyata memiliki kebahagiaan paling baik. Semangat hidup pun bisa lebih terjaga dengan menghadirkan apresiasi dan rasa puas terhadap diri sendiri.

5. Siapkan Sesuatu yang Dinantikan

Sesederhana mengikuti serial baru yang tayang tiap pekan, perasaan menantikkan sesuatu bisa membuat kita kembali bersemangat hidup. Ketika misalnya kesibukan kita begitu padat sampai tak sempat berlibur, kita bisa coba menjadwalkan waktu berlibur pada tanggal tertentu agar ada hal yang bisa kita nantikan. Perasaan menantikan sesuatu bisa membuat kita yang tadinya tak bersemangat bisa kembali bersemangat.

Semoga ke depannya kita bisa melangkah ke depan dengan hati yang lebih kuat lagi, ya. Bagaimanapun juga, dirimu berharga dan hidupmu juga

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading