Sukses

Lifestyle

5 Sifat Baik yang Akan Menjadi Buruk Jika Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Kebaikan adalah hal yang positif dan berdampak baik bagi semua orang. Kita wajib bersikap baik ke siapa saja. Kita juga wajib menjadi pribadi yang baik dengan melakukan berbagai kebaikan dalam hidup kita.

Meski berbuat baik itu berdampak positif, ada beberapa kebaikan yang jika berlebihan justru akan menjadi keburukan. Kebaikan yang terlalu berlebihan bisa berdampak negatif pada kita maupun orang-orang di sekitar kita. Dan inilah beberapa sifat baik yang justru akan menjadi buruk saat kita berlebihan dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jujur

Menjadi seseorang yang jujur itu sangat baik. Namun ada beberapa hal yang membuat kita sebaiknya bersikap jujur secara sewajarnya saja. Kejujuran yang terlalu berlebihan dikhawatirkan bisa membuat orang lain salah paham dan keadaan semakin kacau. 

Misalnya adalah ketika ada seseorang yang mengalami hal kurang baik dalam dirinya dan kita terlalu jujur dengan keadaannya, kita terlalu banyak bicara dalam menyikapi dan menanggapi apa yang menimpa orang tersebut, disadari atau tidak, ini bisa melukai perasaannya bahkan membuatnya salah paham.

Percaya Diri

Setiap orang pada dasarnya disarankan untuk menjadi pribadi yang percaya diri. Dengan rasa percaya diri yang baik, seseorang akan lebih mudah dan berani dalam menjalani hidup. Namun, jika rasa percaya diri berlebihan, ini bisa membuat orang lain tidak nyaman berada di dekatmu. Sikap percaya diri yang berlebihan terkadang membuat kita menjadi pribadi yang sombong dan meremehkan orang lain.

Suka Membantu

Membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan adalah hal yang wajib kita lakukan jika memang kita bisa memberi bantuan. Namun, meskipun kita suka membantu dan tanpa pamrih, kita tak disarankan membantu orang lain secara berlebihan. Sikap baik dan suka membantu yang berlebihan bisa saja membuat orang lain berpikir untuk memanfaatkan kita. Baik boleh saja, tapi kebaikan dan bantuan perlu dilakukan secara sepantasnya dan sesuai dengan kondisi kita.

Mandiri

Menjadi orang yang mandiri tentu menjadi kebanggan setiap orang. Seseorang yang mandiri juga dikenal sebagai pribadi yang memotivasi serta mengesankan. Namun ingat, mandiri yang berlebihan justru tidak baik. Menjadi orang yang mandiri sah-sah saja tapi itu jangan sampai membuat kita terlalu mandiri sehingga lupa bahwa kita tidak bisa melakukan segala hal sendiri. 

Ada saat di mana kita butuh bantuan dari keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat kita. Jangan sampai sikap mandirimu mengubahmu menjadi pribadi yang cenderung menutup dan membatasi diri.

Sabar

Sabar adalah salah satu sikap terbaik yang diperlukan dalam diri. Namun kesabaran juga tak boleh dilakukan secara berlebihan. Sabar dan menahan emosi boleh-boleh saja, tapi kamu juga harus memberanikan diri jika kesabaranmu berkali-kali diuji oleh orang lain. Kamu berhak marah dan kecewa ketika orang lain bersikap keterlaluan kepadamu. 

Itulah beberapa sifat baik yang justru akan berubah jadi buruk jika dilakukan secara berlebihan. Yuk Sahabat Fimela, semakin bijak dalam bersikap. Karena segala yang berlebihan tidaklah baik, berbuat baik pun jika berlebihan juga tak akan lagi menjadi baik. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading