Sukses

Parenting

5 Sikap Baik yang Penting Diajarkan Lebih Dulu pada Anak

ringkasan

  • Etika meminta tolong
  • Menghormati orang yang lebih tua
  • Percaya diri dan positif

Fimela.com, Jakarta Orangtua akan jadi contoh yang akan ditiru anak, entah itu baik maupun buruk. Itulah mengapa orangtua punya tanggung jawab besar dalam menanamkan bebragai sikap pada anak, terutama sikap baik yang akan jadi bekal anak ketika dewasa nanti. Ada banyak hal baik yang bisa diajarkan, tapi ini sekian sikap yang harus diajarkan lebih dulu.

1. Etika meminta tolong

Ada etika ketika meminta tolong yang perlu diajarkan pada anak, yaitu memulai dengan sopan dengan kata 'tolong' dan mengakhirinya dengan 'terima kasih'. Dua kata ini menunjukkan sikap menghormati dan menghargai tas kebaikan orang yang mau membantu. Hal baik apapun yang dilakukan orang padanya, anak patut mengucapkan terima kasih.

2. Meminta izin

Anak-anak bisa melakukan apa pun yang ia suka, namun ia juga harus tahu bahwa ada aturan yang perlu ia ikuti di rumah atau di mana pun ia berada, itulah mengapa pentingnya meminta izin. Entah itu izin meminjam dan menggunakan barang, pergi keluar atau yang lainnya. Ini akan membangun sikap sopan pada anak.

3. Menghormati orang yang lebih tua

Sangat penting mengajarkan anak menghormati orang yang lebih tua, misalnya tidak menyela pembicaraan, tidak membantah atau berkata kasar. Mengatakan 'permisi' ketika berjalan melewati mereka atau menawarkan sesuatu. Tersenyum dan membantu ketika mereka membutuhkan juga bisa membangun etikanya yang baik sebagai individu. 

4. Memperlakukan orang dengan baik

Ada kalimat 'Jika ingin diperlakukan dengan baik, maka berlakuklah baik', hal ini berlaku dalam hubungan sosial bermasyarakat. Anak perlu belajar memperlakukan orang lain dengan baik, misalnya tidak menyerobot antrian, memeprhatikan ketika orang bicara, mempersilahkan yang lebih membutuhkan dan lain sebagainya.

5. Percaya diri dan positif

Anak perlu belajar menjadi pribadi yang positif dan percaya diri karena inilah yang akan menempanya menjadi pribadi yang luar biasa di kemudian hari. Ia harus yakin pada dirinya sendiri, tidak meremehkan kemampuan diri sendiri serta berpikir positif terhadap apa pun di sekitarnya.

Itu dia sekian sikap baik yang perlu dimiliki dan diajarkan pada anak sedini mungkin, Moms. Ia akan menghadapai dunia yang akan menantangnya dari berbagai sisi, jadi persiapkan anak dengan memiliki sikap dan kepribadian yang baik dulu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ajak Anak Minum Susu Sambil Berpetualang di Frozen 2
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengajarkan Anak tentang Rasa Syukur