Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengubah Rasa Kesepian Menjadi Nyaman

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin kita menganggap rasa kesepian sebagai hal yang tak menyenangkan. Saat kesepian kadang kita merasa seperti diselimuti oleh perasan tak nyaman. Namun, rasa kesepian ini akan senantiasa kita butuhkan dalam hidup, jadi kita perlu berdamai dengannya.

Kita bisa mendatangkan rasa nyaman yang baru dari kesepian yang hadir. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba agar rasa kesepian bisa berubah jadi rasa nyaman. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Saat kesepian hadir, kita bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Sebab adakalanya rasa sepi hadir sebagai pertanda kita butuh waktu untuk rehat sejenak. Mengutip buku How to Love, kesepian itu ibarat nyeri otot yang muncul setelah olahraga berat. Sedikit tidak enak dan membuat tubuh lesu, tetapi akan pulih seiring waktu dan otot mulai terbentuk. Jadi, tak perlu terlalu takut atau cemas ketika rasa kesepian hadir.

 

2. Ikuti yang Diinginkan Hati

Tak perlu menolak rasa kesepian yang melanda. Cobalah untuk menerima rasa itu, lalu ikuti apa yang paling diinginkan hati. Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Selama ini kita mungkin terlalu sibuk untuk mengurus berbagai hal, sehingga melupakan pentingnya kata hati. Saat rasa kesepian hadir, ada semacam ruang baru yang perlu kita isi dengan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh diri sendiri.

3. Terhubung Kembali dengan Orang Terkasih

Kalau merasa kewalahan menghadapi rasa kesepian seorang diri, bisa coba untuk kembali terhubung dengan orang terkasih. Entah itu teman, sahabat, keluarga, atau pasangan, terhubung kembali dengan orang yang bisa menghadirkan kenyamanan bisa bantu hadirkan rasa nyaman dan hangat yang baru juga untuk diri sendiri. Kadang sebuah obrolan hangat dan singkat bisa bantu perbaiki suasana hati kita.

4. Ekspresikan Diri

 

Menulis, menggambar, melukis, atau menekuni hobi dan seni bisa bantu hadirkan rasa nyaman. Menguraikan perasaan kesepian yang hadir tanpa diminta melalui seni bisa bantu hadirkan ketenangan. Bahkan rasa kesepian bisa menjadi semacam "bahan bakar" untuk berkarya atau membuat sesuatu yang bernilai.

 

 

5. Mencoba Hal Baru untuk Pertama Kalinya

Ada hal baru yang ingin dipelajari atau dicoba? Lakukan saja. Kate Balestrieri, psikolog berlisensi di Los Angeles, California seperti yang dikutip dari laman Womansday mengatakan, "Kita bisa menggunakan (rasa kesepian) sebagai peluang untuk mengenal diri kita lebih baik." Melakukan dan mencoba hal baru bisa membantu kita mengenal diri sendiri jadi lebih baik. Bahkan kita bisa menemukan potensi atau kelebihan diri yang baru.

Kalau rasa kesepian berlangsung berlarut-larut dan mulai mengacu pada gejala depresi, ada baiknya mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater, ya. Semoga ke depannya hari-harimu bisa terasa lebih nyaman untuk dijalani.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading