Sukses

Lifestyle

5 Tanda Hidupmu Bisa Membaik meski Kini Sedang Terpuruk

Fimela.com, Jakarta Saat sedang terpuruk karena sebuah masalah atau persoalan, kadang kita merasa tak lagi punya harapan untuk mendapat kebahagiaan baru dalam hidup. Perasaan sedih, kecewa, dan terluka yang kini dirasakan bisa membuat kita seakan hidup kita akan gagal selamanya. Walaupun kini sedang terpuruk, harapan untuk memiliki hidup yang lebih baik selalu ada.

Berikut ini lima tanda yang bisa membantumu lebih optimis jalani hidup. Masih ada peluang dan harapan hidupmu akan membaik meski saat ini sedang terpuruk.

 

 

1. Bisa Memetik Hikmah dari Kejadian yang Ada

Kejadian atau hal yang sudah terjadi mungkin memang bukan hal terbaik yang pernah ada dalam hidup. Kejadian yang membuatmu terpuruk bisa jadi sebenarnya sedang memberi pelajaran berharga dalam hidup. Saat kamu bisa memetik pelajaran atau hikmah dari kejadian yang ada, maka yakinlah hidupmu ke depannya akan membaik.

 

 

2. Sudah Memaafkan Diri Sendiri

Hal buruk yang terjadi tak sepenuhnya salahmu. Kalaupun kesalahanmu yang menjadi pemicu terjadinya hal yang tak menyenangkan, kamu tak perlu merasa bersalah berlebihan. Mengutip buku Merawat Luka Batin, rasa bersalah kepada diri sendiri dan rasa malu bisa menjadi emosi yang sehat karena mengingatkan bahwa kita memiliki tanggung jawab untuk memperlakukan orang lain dengan hormat. Bahkan untuk memaafkan orang lain, kita perlu lebih dulu memaafkan diri sendiri. Dengan begitu, hati kita akan terasa lebih ringan dan bebas.

 

 

 

 

3. Mau Membuka Diri pada Pengalaman Baru

Hal baik bisa terjadi saat diri kita bisa mengizinkan hal baik itu untuk hadir. Dengan kata lain, membuka diri pada pengalaman baru bisa hadirkan hal baru dan baik juga dalam hidup. Walau kini sedang terpuruk, kamu masih memilih untuk berjuang dan bertahan sembari menyiapkan diri untuk melangkah lagi ke depan dengan hati yang baru.

4. Bisa Memulihkan Harga Diri

Sudah tahu cara terbaik untuk memulihkan harga diri? Salah satunya adalah dengan kembali mencintai diri sendiri. Saat sedang terpuruk kadang kita merasa begitu sendirian dan kesepian. Maka, kita perlu kembali menyayangi diri agar lebih mudah bangkit lagi untuk melangkah ke depan. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian, dan bisa membuat kita lebih mudah menyambut hal-hal baik yang baru dalam hidup.

 

 

5. Ada Keyakinan Diri yang Kuat

Kamu meyakini ada kebaikan di setiap kejadian yang menimpaku. Kamu menjaga keyakinan kuat bahwa hidupmu akan membaik, dan ini bisa membantumu lebih mudah menemukan hal baik dan baru lagi dalam hidup. Selama masih ada harapan dan keyakinan diri yang kuat untuk hidup yang lebih baik, maka kamu pun akan baik-baik saja.

Semoga dirimu segera pulih dari keterpurukan yang ada, ya. Yakinlah hidupmu ke depannya akan membaik dan lebih indah lagi.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading