Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyikapi Kekurangan Diri agar Tidak Insecure Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Kita semua punya kekurangan dan kelemahan. Tiap perempuan pun dilahirkan dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Saat kita merasa punya banyak kekurangan diri, ini mungkin sinyal bahwa ada hal atau perubahan baru dalam hidup yang perlu kita hadirkan.

Menyikapi kekurangan diri tak perlu sampai membuat kita merasa insecure berlebihan. Kita bisa menyikapinya dengan pikiran yang lebih terbuka dan menjadikannya penyemangat baru untuk perubahan hidup yang lebih baik. Caranya bisa dimulai dari sejumlah strategi sederhana berikut ini.

1. Terima Kekurangan Diri Apa Adanya

Terima dan peluk kekurangan diri yang ada. Kekurangan diri adalah bagian dari diri kita sendiri, jadi menerimanya bisa membantu kita untuk menerima diri seutuhnya lagi. Kekurangan diri merupakan hal yang manusiawi. Setidaknya dengan kekurangan yang ada, kita akan senantiasa lebih mawas diri dalam berproses untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan dewasa lagi seiring waktu berjalan.

2. Kurangi Kebiasan Membandingkan Diri

Seperti yang sudah disebut-sebut sebelumnya: tiap manusia punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau ada orang yang tampak sempurna, bisa jadi karena ia tahu cara memaksimalkan kelebihan yang ia punya dan sudah berdamai dengan kekurangannya. Untuk itu, kurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain agar kita tak mengasihani diri sendiri terus menerus. Mengutip buku Merawat Luka Batin, membandingkan dengan tidak adil akan membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Jadi, kalau ingin perasaan lebih baik, kurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain.

3. Jadikan Kekurangan Diri sebagai Pemacu Diri

Karena sadar diri kita punya kekurangan atau kelemahan, maka kita bisa terus terpacu dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan potensi diri sebaik mungkin. Kita bisa terus mendorong diri untuk belajar hal-hal baru dan mengasah kemampuan diri sebab kita sadar ada banyak hal yang masih kurang dari diri kita sendiri.

4. Imbangi dengan Mengoptimalkan Kelebihan Diri

Ada kekurangan, pasti ada kelebihan yang dimiliki oleh diri kita. Daripada terus merasa insecure dengan kekurangan diri, mending fokus mengoptimalkan kelebihan diri. Setidaknya temukan satu kelebihan diri yang dimiliki, lalu kembangan dan asah terus untuk meningkatkan kualitas hidup jadi lebih baik lagi.

5. Berdayakan Diri untuk Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Tekuni hobi atau pekerjaan yang disukai. Asah kelebihan dan kembangkan kemampuan diri. Menjadi perempuan yang berdaya akan membuat kita lebih percaya diri. Sehingga tak lagi mudah merasa insecure. Kalaupun ada hal yang masih belum bisa kita pahami tau kuasai, kita masih akan terus melakukan upaya terbaik tanpa memaksakan segalanya selalu sempurna.

Yuk, peluk kembali diri. Kekurangan yang dimiliki tak semestinya membuat kita merasa jadi orang paling tidak beruntung di dunia.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading