Sukses

Lifestyle

Devina Hermawan Bagikan Tips Bijak Atur Keuangan bagi 'First-Time Mom'

Fimela.com, Jakarta Di dalam proses membangun keluarga, kehadiran seorang buah hati menjadi babak baru yang membutuhkan komitmen lebih dari kedua pasangan. Selain komitmen waktu, rutinitas harian harus disesuaikan untuk mengasuh anak, pengeluaran saat ini juga perlu disesuaikan agar rumah tangga tetap sehat secara finansial, terutama seiring dengan meningkatnya kebutuhan anak.

Sebagai menteri keuangan keluarga, para ibu juga ikut ambil bagian dalam perjuangan ini. Terutama bagi first-time moms yang sedang menyesuaikan diri dengan peran barunya. Menyeimbangkan manajemen keuangan keluarga, mengasuh anak, dan aktivitas lainnya membutuhkan kiat-kiat tertentu agar berjalan dengan optimal.

Bagi Devina Hermawan yang akrab disapa Chef Devina, peran sebagai ibu sebagai menteri keuangan keluarga sangat penting karena menentukan kualitas hidup dan masa depan keluarga. Bersama ShopeePay, Devina membagikan kiat-kiat khusus yang dapat digunakan para ibu untuk lebih cermat menjalankan perannya sebagai menteri keuangan keluarga.

Melibatkan Suami Akan Membawa Kehangatan Keluarga

Mengurus ketiga anaknya, Andrew Orham, Audie Orla, dan si bungsu, Austin Orlene, yang berusia 4 bulan, telah membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari Devina. Tentu saja, yang paling saya rasakan adalah waktu dan jadwal.

Devina menuturkan pada proses pemulihan fisik awal pasca melahirkan, misalnya, ia juga harus tetap ada untuk anak-anak. Menghadapi momen seperti ini, Devina mengaku tak sendiri. Dia dan suaminya selalu berbagi tugas untuk mengurus keluarga dan anak-anak mereka dengan penuh kasih.

Namun, tetap ada tugas yang harus diselesaikan. Devina mengakui bahwa kerjasama ini tidak hanya meringankan beban sehari-hari sebagai seorang ibu, tetapi juga membantu mempererat hubungan cintanya dan menambah kehangatan hubungan dengan suaminya.

Kerja sama ini dilakukan tidak hanya untuk mengurus bayi, tetapi juga untuk mengatur keuangan rumah tangga Devina dan suaminya. Devina menambahkan ada perencanaan jangka panjang yang tentu melibatkan diskusi khusus dengan suami, misal untuk tempat tinggal, asuransi atau investasi, dan rencana pendidikan anak-anak. Kalau untuk urusan harian atau domestik rumah tangga, hampir semua masih ia yang mengatur, sesuai dengan namanya menteri keuangan keluarga.

Orangtua boleh saja sibuk, tetapi bagi Devina dan suaminya, anak-anak adalah yang utama. Menurut perempuan yang pernah berkecimpung di dunia modelling ini, kedekatan dan kehangatan sangat penting dalam sebuah keluarga. Apalagi saudara kandung seperti Andrew, Odie, dan Austin harus saling akur.

Di sela-sela kesibukan Devina dan suami, mereka berkomitmen untuk selalu meluangkan quality time bersama anak-anak. Walaupun tidak lama tapi waktu yang mereka alokasikan memang benar-benar fokus dihabiskan untuk melakukan kegiatan dengan anak tanpa gangguan, dan menghindari bermain gadget, telepon, dan lainnya saat berkumpul bersama keluarga.

Lebih Berhati-Hati Dalam Mengatur Pengeluaran Keluarga

Menjadi orang tua telah mengubah cara pandang Devina dan suaminya dalam banyak hal, termasuk mengatur keuangan mereka. Pengeluaran yang awalnya untuk berdua, saat ini harus mulai mengakomodasi kebutuhan anak-anak yang terus berubah saat mereka tumbuh dan berkembang. Dalam mengelola keuangan rumah tangga, Devina selalu berusaha menerapkan prinsip mawas diri dan kerja keras dalam manajemen keuangan keluarga.

“Saat merencanakan keuangan keluarga, aku berusaha lebih selektif memetakan daftar kebutuhan dan keinginan berdasarkan kapasitas yang aku dan suami miliki. Selain itu, aku juga mencoba lebih aware akan aspek emosional sebelum membeli sesuatu.

Jangan sampai hanya karena alasan menghibur diri malah jadi menambah pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, kami lebih mengutamakan aspek fungsional yang bermanfaat dan menerapkan prinsip lima tujuan keuangan untuk menghindari pengeluaran konsumtif,” ungkap Devina.

Tak kalah pentingnya, Devina mengajarkan anak-anak untuk lebih menghargai dan mensyukuri apa yang mereka miliki, membuat mereka lebih peka ketika ingin membeli sesuatu.

Devina menambahkan sembari menyambut kehadiran si bungsu, Austine, Devina juga mengaku fleksibel dan tidak hanyut dalam berbelanja produk bayi. Seiring pengalaman, sebagai ibu akan lebih berhati-hati dalam memilih mana yang benar-benar diperlukan dan dalam jumlah secukupnya.

Pada saat yang sama, ini berguna untuk mengerem pengeluaran ekstra, kalau ada barang yang keadaannya masih berfungsi dengan baik, tentu dengan senang hati menggunakan barang lungsuran dari kakak-kakaknya Austine.

Cari Solusi Termudah yang Menguntungkan untuk Kebutuhan Harian

Menjadi menteri keuangan di rumah seraya berkarir sebagai chef profesional di luar rumah, Devina secara aktif mencari alternatif praktis untuk memudahkan keluarganya memenuhi kebutuhan mereka. Menyederhanakan proses memasak dengan menyiapkan bahan dari awal dan menggunakan platform online untuk belanja kebutuhan sehari-hari adalah pilihan Devina untuk mempermudah hidup bersama anak-anaknya.

Untuk transaksi keuangan, ia pun memaksimalkan teknologi dalam membantu rutinitasnya. Terutama menggunakan layanan dompet digital untuk menunjang berbagai kebutuhan transaksi di tengah kesibukan.

Kehadiran ShopeePay membuat Devina merasa sangat terbantu dengan berbagai fiturnya, khususnya fitur Transfer ShopeePay. Dengan fitur ini, ia mengaku bisa lebih mudah dan hemat bertransaksi walau sedang beraktivitas di luar rumah, seperti transfer uang belanja, kebutuhan uang untuk ART, dan kebutuhan lainnya.

Lebih lanjut, fitur Transfer ShopeePay ini gratis biaya admin dan tanpa batas kuota harian untuk Transfer Ke Mana Pun, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank, serta langsung sampai atau real-time. Dengan fitur Transfer ShopeePay, pastinya memudahkan aku dalam mengatur pembayaran kapan pun dan di mana pun dengan praktis. Apalagi fitur ini ada rekam jejak transaksinya, jadi benar-benar terkontrol,

Sebagai menteri keuangan keluarga, transaksi menjadi lebih nyaman, praktis dan hemat ke sesame pengguna ShopeePay dan transfer ke berbagai bank dengan Transfer ShopeePay yang gratis tanpa batas. Dapatkan bonus koin s/d 500RB dan xtra bonus koin s/d 500RB bagi pengguna baru dengan transfer ke bank pakai ShopeePay, mulai tanggal 15 September sampai 21 September 2022.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis via App Store atau Google Play, aktifkan ShopeePay, dan upgrade ke ShopeePay Plus untuk menikmati berbagai benefit tambahan, seperti limit saldo lebih besar, promo spesial, serta fitur Transfer ShopeePay yang memberikan kemudahan Transfer Ke Mana Pun.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading