Sukses

Lifestyle

Sering Dianggap Bossy, Begini 5 Karakter Anak Pertama Perempuan

Fimela.com, Jakarta Setiap anak tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Para orang tua juga paham bahwa pengeluaran untuk anak pertama dengan anak mereka yang kedua pastinya berbeda juga. Salah satu hal yang menyebabkan hal tersebut adalah perbedaan karakter masing-masing anak berdasarkan urutan lahir mereka. Anak pertama perempuan seringkali dianggap oleh banyak orang memiliki sifat yang bossy atau suka memerintah.

Mengutip dari parents.com, seorang psikologis bernama Dr. Kevin Leman, Ph.D., menuliskan tentang karakter anak berdasarkan urutan lahir dalam bukunya yang berjudul, "The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are". Leman menuliskan bahwa rahasia dari perbedaan kepribadian di antara saudara kandung adalah urutan lahir mereka dan perbedaan perlakuan orang tua terhadap masing-masing anak berdasarkan anak pertama (terutama perempuan), anak tengah, anak terakhir, atau anak semata wayang.

Meskipun masih ada beberapa ketidaksepakatan dalam dunia psikologi terkait pentingnya urutan kelahiran dengan karakter, tetapi tampaknya ada penelitian ekstensif yang menunjukkan ciri-ciri umum antara anak pertama perempuan dan anak yang lahir setelahnya. Mengutip dari bustle.com, Dr. Seda Gragossian mengatakan bahwa anak yang lahir pertama (termasuk perempuan) cenderung dikaitkan dengan kepribadian yang kuat, dan pemimpin.

Tentu saja tidak semua anak perempuan pertama memiliki karakter yang sama, namun banyak dari mereka yang cenderung memiliki beberapa kesamaan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut 5 karakter yang umum dimiliki oleh anak pertama perempuan:

1. Lebih Mandiri dan Pintar

Anak pertama perempuan cenderung memiliki karakter yang lebih mandiri ketimbang saudaranya yang lain. Mereka tidak akan merasa kesulitan untuk menavigasikan atau mengarahkan dirinya sendiri. Hal itu dikarenakan anak perempuan pertama yang tumbuh bersama saudara kandung yang lebih muda (adik) seringkali memiliki orang tua yang lebih fokus terhadap adiknya. Jadi, mereka sudah terbiasa ditinggalkan dan memiliki caranya sendiri untuk menghibur dirinya.

Lalu untuk kecerdasannya, mengutip dari parents.com, seorang psikolog, Frank Farley, Ph.D., mengatakan bahwa anak pertama perempuan juga dinilai dapat memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan adiknya dikarenakan perhatian orang tua yang sebelumnya mereka dapatkan dengan penuh, tiba-tiba dirampas ketika kehadiran anak yang baru lahir ke dalam keluarga. Hal ini membuat anak pertama perempuan merasa harus melakukan segalanya dengan ambisi tinggi untuk kembali mendapatkan perhatian penuh orang tuanya.

2. Peduli terhadap Sesama

Anak pertama perempuan dapat menjadi seorang pengasuh yang peduli kepada orang yang membutuhkan mereka. Hal ini disebabkan karena mereka tumbuh bersama adik yang berarti mereka harus menghabiskan waktunya untuk menjaga dan menemani adiknya yang mungkin mencari mereka saat membutuhkan kenyamanan dan perlindungan.

3. Pekerja Keras dan Seorang Pemimpin

Cenderung memliki ambisi yang tinggi karena ingin mendapatkan perhatian dari orang tua, anak pertama perempuan dikenal sebagai pekerja keras. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa mendapatkan perhatian orang tuanya serta menyenangkan hati dan membuat orang tua mereka terkesan dengan pencapaiannya. 

Anak pertama perempuan juga bisa menjadi pemimpin karena memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Melansir dari bustle.com, suatu tinjauan studi besar yang dilakan di University of Goergia menemukan bahwa anak pertama cenderung memegang posisi pemimpin dalam ranah pekerjaan. Selain itu, mayoritas Presiden Amerika Serikat yang pernah menjabat merupakan anak pertama, begitu pula dengan banyak astronot dan CEO yang merupakan anak tertua di keluarga mereka.

 

4. Lebih Mungkin Menjadi Penurut

Bagian dari keberhasilan di sekolah ataupun pekerjaan dapat dikaitkan dengan anak pertama perempuan yang lebih bersedia melakukan apa yang diperintah oleh orang tuanya atau figur yang memiliki otoritas lainnya. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Child Development menunjukkan bahwa anak pertama, terutama perempuan lebih memungkinkan untuk menyesuaikan diri. Mereka cenderung tidak memberontak dibandingkan dengan anak kedua yang cenderung lebih suka berpetualang.

5. Lebih Tenang dan Tidak Mau Ambil Resiko

Anak pertama perempuan biasanya memiliki karakter yang lebih baik dibandingkan dengan adik-adiknya. Mereka cenderung berperilaku baik selama masa remajanya. Mengutip dari bustle.com, sebuah studi dari jurnal Economic Inquiry menunjukkan bahwa anak pertama termasuk anak pertama perempuan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menggunakan zat terlarang dan aktif secara seksual dibanding rekan-rekan mereka yang merupakan anak tengah atau anak terakhir.

Meskipun perlu dipahami bahwa tidak semua anak pertama perempuan memiliki karakter yang sama, tetapi perlu diingat bahwa banyak peneliti yang mengatakan kalau anak pertama perempuan lebih cenderung menampilkan karakter pekerja keras, dan memiliki kualitas mandiri.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading