Sukses

Lifestyle

Belajar Bikin Bisnis Sampai Sukses Secara Gratis Hanya Lewat Aplikasi

Fimela.com, Jakarta Industri bisnis di Indonesia semakin pulih seiring dengan kondisi pandemi yang kian membaik. Hal ini turut mendorong generasi muda untuk memulai bisnis di berbagai sektor. Namun dibutuhkan keahlian bisnis yang mumpuni sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Bicara soal keahlian bisnis tidak hanya bicara soal modal, produk yang dijual, hingga teknik marketing. Melainkan juga pebisnis harus memiliki literasi keuangan yang baik. Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dirilis pada 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan di Indonesia baru mencapai 38%. Melihat kondisi ini, KoinWorks pun akhirnya menghadirkan program KoinLearn yang menjadi plaform edukasi.

KoinLearn akan hadir di aplikasi KoinWorks yang menyediakan deretan mater belajar untuk mengembangkan potensi bisnis dari tutor berpengalaman secara gratis. Hadirnya KoinLearn akan menjawab kebutuhan UMKM dalam meningkatkan ilmu dan skill agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnis mereka di era digital.

Upaya ini juga menjadi bagian dari dukungan terhadap program pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024 sebagai upaya dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tentu saja, hal ini harus didukung dengan literasi keuangan dan literasi digital yang memadai bagi para UMKM.

 

Belajar secara singkat

“KoinLearn dirancang sebagai platform belajar singkat dengan bite-sized video sekitar 2 sampai 4 menit yang sangat sesuai untuk pemilik bisnis di app KoinWorks. Kami percaya peningkatan keterampilan digital UMKM harus dijembatani dengan platform yang tepat. Pemilik bisnis adalah seseorang yang sangat sibuk, sehingga metode belajar untuk duduk dalam waktu 1 hingga 2 jam sudah tidak relevan lagi. Saat ini mereka belajar melalui sarana seperti YouTube, Instagram, sampai ke TikTok” ujar Jonathan Bryan, selaku Chief Platform Officer KoinWorks.

Berkolaborasi dengan sejumlah institusi dan ahli di bidang bisnis, KoinLearn akan menyediakan lebih dari 70 video pembelajaran yang terbagi dalam topik strategi bisnis dan manajemen keuangan. UMKM yang sudah tergabung dalam KoinWorks maupun pengguna baru dapat belajar dari video KoinLearn kapanpun dengan mendaftarkan diri sebagai business user di aplikasi KoinWorks.

Menjadi salah satu pembicara, Fellexandro Ruby selaku Content Creator & Entrepreneur menyebut KoinLearn menjadi pintu pembelajaran yang tidak ada batasnya bagi pebisnis.

 

Belajar secara gratis

“Sebetulnya belajar tidak bisa dipisahkan dari berbisnis karena sebagai pebisnis kita harus selalu upgrade diri dengan perkembangan yang ada. Adanya platform belajar seperti KoinLearn perlu diapresiasi dan menjadi nilai lebih dari KoinWorks sebagai startup fintech yang fokus pada pengembangan UMKM,” kata Fellexandro.

Fellexandro akan hadir bersama 15 tutor lainnya untuk memberikan pengetahuan bisnis di KoinLearn. Mereka adalah para entrepreneur berbakat dan passionate di bidang masing-masing yang akan membagikan pengalaman dan studi kasus bisnis yang dapat diaplikasikan oleh para UMKM. Selain itu, KoinWorks juga membuka peluang kerja sama dengan para business expert serta entrepreneur lainnya untuk bergabung menjadi pengajar di KoinLearn.

Jonathan menegaskan pelaku UMKM bisa belajar tanpa dipungut biaya dengan metode yang sesuai dengan kebutuhan, dan masih di dalam aplikasi KoinWorks. Maka dari itu, dukungan ini akan memudahkan mereka menyelesaikan berbagai pekerjaan sekaligus belajar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading