Sukses

Lifestyle

5 Tips untuk Mencegah Bau Badan

Fimela.com, Jakarta Bau badan tidak sedap yang muncul akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu bau badan juga dapat membuat kita tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Bau badan yang tidak menyenangkan ini tentu ingin kita hilangkan bukan?

Faktor penyebab bau badan pada seseorang bisa beragam. Mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga faktor makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa mengambil peran pada tingkat parahnya bau badan. 

Meskipun begitu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi bau badan. Dikutip dari WebMD, berikut adalah 5 cara untuk mencegah bau badan terjadi pada kita.

Jaga Kebersihan Badan

Berada di lingkungan dengan iklim tropis seperti Indonesia membuat kita mudah berkeringat. Oleh karenanya mandi adalah cara terbaik untuk membuat badan tetap segar dan bersih. Mandi setidaknya satu kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri penyebab bau badan. Bersihkan badan secara menyeluruh terutama di area yang mudah berkeringat.

Menggunakan Sabun Antibakteri

Bau badan disebabkan oleh jenis bakteri tertentu yang bersarang pada tubuh, jadi membilas tubuh dengan air dan sabun biasa tidaklah cukup. Lebih baik gunakan sabun antibakteri untuk perlindungan yang lebih baik.

Mengeringkan Badan dengan Baik

Sering kita mengabaikan cara mengeringkan badan setelah mandi. Biasanya secara asal hanya menempelkan handuk di atas tubuh lalu segera memakai pakaian. Namun untuk mencegah bau badan, alangkah baiknya kita benar-benar mengeringkan tubuh setelah mandi dan menjamin tidak ada bagian tubuh yang masih basah. Sebab bakteri akan sulit berkembang pada kulit yang kering.

Menggunakan Antiperspiran

Antiperspiran adalah bahan yang dapat mengurangi produksi keringat di tubuh. Berbeda deodoran yang bertugas menghilangkan bau badan namun tidak efektif mengurangi produksi keringat sehingga hasilnya akan tidak maksimal, antiperspiran akan mengatasi pada sumber masalahnya. Sebab antiperspiran terbuat dari bahan kimia, maka perlu diperhatikan penggunaannya dan tidak diaplikasikan pada tubuh secara berlebihan.

Menjaga Pakaian Tetap Bersih dan Kering

Jika kamu tipe orang yang mudah berkeringat maka seringlah berganti pakaian agar tetap kering. Bakteri akan berkembang baik pada pakaian yang basah terkena keringat sehingga menggantinya sangat direkomendasikan untuk mencegah bau badan.

Itu dia 5 cara yang bisa Sahabat Fimela terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah terjadinya bau badan.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading