Sukses

Lifestyle

Peringati Hari Pariwisata Sedunia, Bobobox Gelar Webinar untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagai perusahaan rintisan yang bergerak di bidang hospitality, Bobobox berkomitmen untuk menyediakan fasilitas beristirahat dengan kualitas tinggi yang didukung oleh teknologi terdepan. Komitmen Bobobox ini juga betujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam memajukan pariwisata berkelanjutan. Oleh karena itu, Bobobox menghadirkan webinar yang bertajuk "Rethinking Tourism: Trasitioning Into a Greener Tourism". 

Hal ini berkaitan dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing dan juga pentingnya memastikan momen kebangkitan pariwisata yang diikuti oleh pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

"Saya rasa semuanya sepakat bahwa sektor pariwisata secara bertahap mulai menunjukkan pemulihan. Menurut data pada pusat statistik, jumlah kunjungan wisata mancanegara di Indonesia selama semester 2022 mencapai 743 ribu, naik sebanyak 929% dibandingkan dengan kunjungan wisman pada periode yang sama tahun lalu. Hal ini dapat menjadi pengingat untuk memaknai kembali sektor pariwisata dengan lebih relevan lagi," ucap Indra Gunawan selaku CEO & Co-FOunder Bobobox.

Indra juga mengajak setiap pihak baik dari pemerintah maupun swasta untuk berkontribusi dalam mewujudkan sektor pariwisata yang lebih tangguh, inklusif, dan juga berdampak positif bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi yang sejalan dengan agenda pemerintah dan organisasi pariwisata dunia PBB.

"Webinar ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan tentang bagaimana sektor pariwisata dapat memberikan dampak yang positif baik dari segi sosial, budaya, dan ekonomi," tambahnya.

Transitioning Into a Greener Tourism

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Frans Teguh, mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah fokus untuk mendorong pariwisata berkelanjutan.

"Kemenparekraf juga fokus untuk mendorong pariwisata yang turut mempertimbangkan keadaan sosial ekonomi saat ini dan masa depan serta dampaknya terhadap lingkungan namun di saat yang sama tetap memenuhi kebutuhan turis, industri, dan komunitas atau yang biasa disebut sebagai pariwisata berkelanjutan. Melalui berbagai program yang digalakkan pemerintah serta sinergi dengan berbagai pihak, kami optimis pariwisata berkelanjutan akan semakin berkembang di Indonesia," ujar Frans.

Selain itu, Founder dan CEO Wise Steps Consulting, Mochamad Nalendra juga turut membagikan pandangannya terkait transisi pariwisata berkelanjutan. Ia mengatakan bahwa dengan banyaknya destinasi pariwisata di Indonesia yang mengandalkan alam, sudah sepatutnya Indonesia beralih menuju periwisata yang lebih berkelanjutan.

"Tidak hanya baik untuk lingkungan, pariwisata berkelanjutan juga dapat mendukung pertumbuhan komunitas, UMKM, dan kewirausahaan sosial, mengingat 80% pelaku pariwisata global adalah UMKM. Hal ini pada akhirnya akan mengoptimalkan potensi suatu wilayah dan menciptakan dampak positif terhadap perekonomian di wilayah tersebut. Selain itu, dalam jangka panjang, pariwisata berkelanjutan juga dapat menciptakan peluang pariwisata yang lebih inklusif bagi berbagai pihak," ucap Nalendra.

 

Komitmen Bobobox

Sesuai dengan komitmennya yakni untuk turut aktif dalam mendukung usaha pemerintah mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan, Bobobox akan menunjukkan komitmen tersebut dengan mengedepankan prinsip modularitas dan prefabrikasi dalam setiap produk Bobobox sehingga dapat meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Berencana untuk menambah daerah operasional, Bobobox berharap dapat semakin berkontribusi terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan UMKM sekitar tempat Bobobox dan Bobocabin beroperasi.

Sebagai the next generation of lifestyle company, Bobobox selalu berusaha menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dengan meluncurkan berbagai produk baru seperti Bobocabin, Boboliving, dan Bobovan. Sebagai salah satu produk baru Bobobox, Bobocabin telah mencatatkan tingkat okupansi yang stabil di atas 90% selama masa pandemi.

Pada tahun ini, Bobocabin akan menjadi fokus ekspansi Bobobox dalam menjangkau dan mengembangkan berbagai lokasi baru di Indonesia, diantaranya Mandalika, Bali, Jawa Timur, Sulawesi, dan lainnya. Ekspansi ini diharapkan tidak hanya menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman baru menginap di alam, tetapi juga dapat berkontribusi untuk memajukan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading