Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kipas Angin Mati yang Bikin Kesal Saat Digunakan

Fimela.com, Jakarta Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang dapat mengalirkan udara dari adanya putaran baling-balin. Selain itu energi yang dihasilkan tersebut terdapat dari dinamo didalamnya, tentu akan menyebalkan jika ketika bersantai tiba-tiba kipas angin tidak mau menyala.

Kerusakan pada perangkat alat elektronik memang kerap sekali terjadi, perangkat atau komponen didalam kipas angin yang rusak terkadang akan mempengaruhi aliran udara yang keluar.

Biasanya kipas angin yang mati dan tidak mau berputar dapat ditunjukkan pada baling-baling yang tidak berfungsi sama sekali. Mungkin kamu juga akan mendengar suara yang mendengung dari bagian dalam kipas angin. Berikut beberapa penyebab kipas angin mati yang bikin penasaran:

1. Bantalan atau Bushing yang Aus

Kipas angin yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh adanya bantalan atau bushing yang aus, hal ini sangatlah normal dalam perangkat dan dapat menyebabkan keterlambatan bagian mesin. Jika hal ini terus menerus terjadi maka akan menyebabkan aus pada waktunua, selain itu bantalan yang rusak harus diganti dengan yang baru.

2. Dudukan Baling-Baling yang Tidak Benar

Bantalan yang aus tentu dapat menyebabkan kipas tidak dapat berfungsi dengan baik, hal ini juga dapat disebabkan oleh bushing yang tidak terpasang dengan benar. Bushing sendiri memiliki fungsi sebagai tempat duduk untuk baling-baling jika dipasang tidak pada posisi yang benar maka tidak dapat menghasilkan rotasi untuk baling-baling.

3. Terputus ke Sumber Listrik

Faktor lain juga dapat menyebabkan kipas angin tidak berfungsi adalah adanya masalah dengan sumber listrik. Jika tidak ada listrik yang berjalan maka akan membuat kipas angin tidak berfungsi dengan baik. Sumber listrik yang terputus juga daoat bertahan pada port besi yang berkarat.

4. Kondisi Kapasitor

Kapasitor ternyata diperlukan untuk mensuplasi daya listrik untuk kipas angin bekerja dengan daya yang cukup maka dapat membuat kipas angin bekerja dengan baik. Jika kapasitor yang rusak tentu akan sulit untuk memulai putaran dan akhirnya akan membuat baling-baling tidak mau berputar.

5. Countershaft Kering atau Macet

Saat kamu mendengarkan suara yang mendengung dari kipas angin maka dapat menyebabkan baling-baling tidak mau berputar dengan baik, hal ini mungkin dapat disebabkan oleh adanya masalah countershaft yang kering dan macet. Kondisi satu ini juga dapat terjadi karena tertutup debu dan akhirnya dapat menyumbat run way poros.

Ketika menemukan ada bagian kipas angin yang rusak mungkin akan membuatnya tidak dapat berputar dengan baik. Untuk mencegah adanya kerusakan maka kamu perlu membersihkan kipas angin secara berkala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading