Sukses

Lifestyle

5 Tanda Jiwamu Makin Kuat meski Tumbuh Dewasa Tak Mudah

Fimela.com, Jakarta Masalah dan cobaan hidup datang silih berganti. Tumbuh dewasa pun tak semudah yang pernah kita kira. Begitu banyak hal dan kesulitan baru yang kadang membuat kita merasa babak belur tak karuan.

Walau tumbuh dewasa tidak mudah, tapi dalam perjalanannya ada jiwa yang tumbuh makin kuat di dalam diri kita. Berikut ini lima hal yang bisa jadi pertanda bahwa dirimu sedang berproses jadi pribadi yang lebih tangguh saat ini.

 

 

 

 

1. Kebiasaan Overthinking Berkurang

Makin dewasa, makin sering overthinking? Begitu banyaknya problema yang dihadapi saat tumbuh makin dewasa memang meningkatkan kecemasan. Namun, ketika dirimu sudah berusaha untuk mengelola emosi lebih baik serta mengurangi kebiasaan overthinking, maka ada hati yang sudah lebih kuat di dalam dirimu.

2. Ada Semangat Menekuni Hal yang Diminati

Bertambahnya usia membuat kita makin banyak mempertimbangkan banyak hal ketika membuat sebuah pilihan. Memang tak mudah, tapi saat kita masih memiliki semangat untuk menekuni hal yang disukai atau diminati, maka jiwa kita akan selalu terasa kaya. Sehingga kekuatan untuk melangkah ke depan dalam hidup pun akan selalu ada.

 

 

3. Bisa Berdamai dengan Kejadian yang Sudah Berlalu

Ada hal-hal yang pernah disesali dan membuatmu terpuruk. Sampai ketika kamu sudah berada di titik untuk rela dan ikhlas menerima semua itu dan mengambil hikmah terbaiknya, maka hatimu sudah tumbuh lebih kuat lagi. Membaiknya kemampuan kita berdamai dengan hal-hal yang sudah berlalu memudahkan kita untuk menemukan kekuatan-kekuatan baru dalam menjalani kehidupan.

 

 

4. Lebih Bertanggung Jawab dengan Pilihan Hidup

Menyadari bahwa pilihan hidupmu bisa berdampak juga pada kehidupan orang lain, kamu berusaha dan memutuskan untuk bisa lebih bertanggung jawab dalam hidup agar tidak merepotkan orang lain, dan ini menjadi pertanda dirimu sudah lebih dewasa. Kedewasaan ini pun membuat dirimu lebih kuat lagi. Ketika bisa lebih bertanggung jawab dengan pilihan yang diambil, kamu jadi lebih mawas diri untuk bersiap menyambut berbagai risiko atau kemungkinan yang terjadi atas pilihan tersebut.

 

 

5. Membuka Diri untuk Mencoba Hal Baru

Ketika sudah memiliki keberanian untuk mencoba hal baru, ada hati yang akan makin kuat dan tangguh. Setiap hal dan pengalaman baru yang kamu peroleh membuat dirimu terus tumbuh jadi versi dirimu yang lebih baik dari sebelumnya. Selama masih ada semangat untuk belajar hal baru, maka selalu ada ruang di hatimu untuk bisa lebih tangguh.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi. Walau perjalanannya tak mudah, tapi yakin saja selalu ada keindahan yang bisa dipetik dari tiap pengalaman yang diperoleh.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading