Sukses

Lifestyle

Urutan Perawatan Rambut yang Benar agar Rambutmu Makin Sehat dan Tidak Rontok

Fimela.com, Jakarta Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, tentunya diperlukan serangkaian perawatan rambut yang tidak sedikit. Namun karena banyaknya produk perawatan rambut yang digunakan, kebanyakan orang kemudian mengasumsikan kalau merawat rambut dan membuat rambut menjadi sehat itu ribet dan sulit dilakukan. Alhasil, banyak yang asal-asalan dalam merawat rambutnya.

Bahkan tidak sedikit juga asal memilih merek sampo. Banyak juga yang memilih sampo berdasarkan wanginya, bukan manfaatnya. Padahal seharusnya memilih sampo harus didasarkan pada kondisi rambut masing-masing orang.

Setelah memakai sampo, banyak yang tidak menggunakan kondisioner. Padahal kondisioner penting untuk menjaga kelembapan rambut agar rambut tidak kering dan mudah rusak.

Lalu bagaimana urutan perawatan rambut yang benar? Yuk simak urutan perawatan rambut berikut ini kalau kamu mau rambut yang sehat dan tidak mudah rontok.

Urutan Perawatan Rambut Sebelum Menggunakan Sampo

1. Gunakan Hair Oil

Salah satu tahap penting yang sering dilupakan adalah menggunakan hair oil sebelum keramas menggunakan sampo. Pijatlah rambut menggunakan hair oil sebelum keramas. Pijatan ini akan memperkuat akar serta memperlancar peredaran darah pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut lebih optimal.

Pakai hair oil 1-2 jam sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan coconut oil, almond oil atau olive oil. Mencampur beberapa essential oil juga bisa dilakukan untuk memperkaya manfaatnya.

2. Gunakan Sampo yang Cocok

Jika sedang keramas, gunakanlah sampo yang cocok. Kamu harus mengetahui permasalahan pada rambutmu. Jika rambutmu rontok, maka gunakanlah jenis sampo yang memang diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok. Begitu juga dengan permasalahan rambut lainnya.

Namun memilih sampo sejatinya perlu uji coba. Terkadang kamu perlu beberapa kali mencoba berbagai merek sampo agar menemukan sampo yang cocok dengan kondisi rambutmu.

3. Deep Conditioning

Jika rambutmu sangat kering, kamu membutuhkan deep conditioning mask untuk meningkatkan kelembapannya. Sehingga, rambutmu lebih lembut dan mudah disisir.

Aplikasikan deep conditioning mask 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal. Baca juga cara pemakaiannya agar lebih efektif.

4. Leave-in Conditioner

Kamu juga bisa mengenakan leave-in conditioner ketika rambutmu sangat kering, bercabang dan sulit disisir. Aplikasikan leave-in conditioner setelah keramas serta menggunakan conditioner. Keringkan rambut hingga setengah kering dan aplikasikan leave-in conditioner tanpa dibilas.

5. Gunakan Serum Rambut

Gunakan serum untuk mengunci kelembapan rambut. Sehingga, rambutmu lebih berkilau dan lembut untuk waktu lebih lama. Serum juga bisa berfungsi untuk memperkuat akar rambut dan membuat rambut jadi lebih jarang rontok.

Sebaiknya, aplikasikan serum saat rambut hampir kering untuk mengoptimalkan kelembapannya. Teteskan serum secukupnya dan aplikasikan di ujung rambut.

6. Heat protectant spray 

Jika sering memakai alat penata rambut yang bersuhu panas, kamu perlu menggunakan heat protectant spray. Ini akan menjaga kesehatan rambut dari bahaya suhu panas, sehingga tidak bercabang atau kering.

7. Hair spray

Kamu sangat memerlukan hair spray jika memiliki rambut yang sangat halus dan sulit ditata. Hair spray akan mempertahankan gaya rambutmu selama seharian.

Nah itu dia urutan perawatan rambut yang benar agar rambutmu tetap sehat dan tidak lagi rontok. Setelah mengetahui ini, semoga kamu jadi memahami cara merawat rambut yang benar dan rambutmu jadi sehat lagi ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading