Sukses

Beauty

How To: 7 Cara Memakai Hair Mask Agar Rambut Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Rambut yang sehat dan selalu tampak rapi menjadi idaman bagi banyak wanita. Keinginan ini, bukan hanya didasarkan pada kebutuhan mode tetapi juga sebagai cara untuk mengekspresikan diri, cara untuk menunjukkan identitas dan kebebasan diri.

Jika Kamu memiliki rambut yang rusak atau rapuh, kering atau dehidrasi, maupun diwarnai, kondisioner biasa mungkin tidak cukup untuk memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan rambut Kamu.

Penting untuk menggunakan produk yang tepat untuk memperbaiki dan menutrisi dari akar hingga ujungnya. Masker rambut tidak selalu harus menjadi sesuatu yang Kamu gunakan sesekali. Kamu bisa menjadikan hair mask bagian dari rutinitas rambut Kamu

Meskipun Kamu mungkin akrab dengan masker rambut mungkin Kamu bahkan memilikinya dalam rutinitas perawatan rambut Kamu masih ada kemungkinan Kamu tidak sepenuhnya mengetahui tentang cara menggunakan masker rambut dengan benar untuk mendapatkan manfaat penuh dari masker rambut.

Dilansir dari garnierusa.com dan stylecraze.com, seberapa sering Kamu harus menggunakan masker rambut tergantung pada jenis rambut Kamu. Idealnya, Kamu harus menggunakan masker perawatan rambut yang menghidrasi setidaknya seminggu sekali. Tetapi jika rambut Kamu terasa atau terlihat lebih kering atau lebih rusak dari biasanya, tingkatkan menjadi dua atau tiga kali seminggu.

Mengapa Harus Menggunakan Hair Mask?

Masker rambut diformulasikan berdasarkan jenis rambut yang berbeda, dan berfungsi untuk memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan batang rambut untuk membuat rambut Kamu berkilau, halus, dan juga kuat. Sangat penting digunakan jika Kamu memiliki rambut kering, rusak, keriting, atau sangat panjang.

Masker rambut terbaik cenderung dikemas dengan bahan-bahan yang menghidrasi dan memulihkan. Masker rambut juga dapat menargetkan jenis dan masalah rambut spesifik Kamu. Misalnya, masker terbaik untuk rambut kering biasanya diformulasikan dengan mentega dan minyak seperti shea, minyak kelapa, minyak argan dan minyak alpukat yang dapat membantu mengisi kembali rambut dan menambah kilau.

Kamu juga dapat menemukan minyak nabati, termasuk minyak alpukat, dalam masker rambut terbaik untuk rambut keriting. Bahan penyembuhan alami lainnya, seperti madu dan propolis, sangat penting untuk mendapatkan masker rambut terbaik untuk rambut rusak. Dengan menggunakan masker rambut dengan bahan-bahan alami ini, Kamu akan mendapatkan yang terbaik untuk rambut Kamu.

Banyak masker rambut cenderung berbau harum. Jadi jika Kamu merasa stres atau letih, gunakan masker rambut di rumah sebagai bentuk perawatan diri. Oleskan masker rambut yang menghidrasi, tarik napas dalam-dalam dan nikmati pengalamannya.

Cara Memakai Hair Mask

1. Mulailah dengan mencuci dan keramas rambut Kamu dengan air hangat.

2. Peras air dari rambut Kamu dan tepuk lembut dengan handuk untuk menghilangkan kelembapan berlebih.

3. Bagilah rambut basah menjadi empat bagian dan jepit setiap bagian dengan klip.

4. Oleskan masker rambut ke bagian pertama. Mulailah dari ujung dan lanjutkan ke akar dan kulit kepala.

5. Ulangi langkah ini untuk tiga bagian yang tersisa.

6. Biarkan proses masker pada helaian rambut Kamu selama 15 hingga 20 menit.

7. Bilas rambut Kamu secara menyeluruh dengan air dingin.

Tips yang Perlu Diingat Saat Menggunakan Masker Rambut

1. Cuci rambut Kamu dengan air hangat sebelum menggunakan masker rambut. Air hangat akan membuka kutikula dan memungkinkannya menyerap kelembapan dari masker rambut.

2. Bilas masker Kamu dengan air dingin. Ini akan menutup kutikula rambut dan mengunci kelembapannya.

3. Jangan menggosok rambut secara agresif dengan handuk, karena dapat menyebabkan statis dan kerusakan lebih lanjut pada helai rambut Kamu.

4. Untuk hasil yang optimal, pilih atau buat masker rambut yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut Kamu.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading