Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Handphone Bootloop dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami masalah saat menggunakan handphone terutama bagi kamu pengguna android? Menghadapi adanya masalah android yang bootloop merupakan salah satu hal yang kerap terjadi. Boot loop pada android merupakan salah satu adanya kesalahan yang membuat hanphone menyala sendiri setiap kali dimatikan secara manual.

Bootloop android adalah masalah yang sangat umum dan merupakan tanda adanya pada perangkat lunak. Ketika hanphone mengalami bootloop biasanya akan membuat kehilagan data maupun file karena adanya kesalahan dan masalah satu ini yang sering ditakutkan banyak orang.

Tentu kamu akan tahu jika mengalami masalah satu ini biasanya akan membuat kehilangan data. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu mengetahui beberapa penyebab hanphone mengalami bootloop yang kerap terjadi:

Penyebab Handphone Bootloop

Sebelum mengatasi handphone yang bootloop kamu perlu mengetahui apa saja yang membuat handphone menjadi bootloop seperti di bawah ini:

  1. Penyimpanan pada perangkat internal yang sudah penuh.
  2. Adanya pembaruan sistem yang gagal dan membuat masalah pada perangkat internal.
  3. Perangkat yang telah rusak disebabkan oleh air maupun faktor internal.
  4. Penggunaan applikasi pihak ketiga uang tidak berfungsi.
  5. Salah saat mengatur permission pada hanphone.

Cara Mengatasi Handphone Bootloop

  • Soft Reset Ponsel Android

Setelah mengetahui adanya bootloop pada handphone, kamu dapat mengatasinya dengan melakukan soft reset sederhana matikan handphone dan keluarkan baterainya.

  • Reset Kondisi Seperti Awal

Mungkin kamu akan kehilangan berbagai file foto di handphone, pengaturan ulang pabrik terladang akan mengembalikan dan menormalkan handphone yang kamu gunakan.

  • Menggunakan CWM Recovery

Jika handphone yang kamu gunakan sudah di root menggunakan CWM, maka ada cara untuk memulihkan handphone dengan menekan Home, Power, dan Volume Up secara bersamaan. Kemudian pilih “Lanjutan” > “Hapus” > “Cache Dalvik” lalu pilih “Mount dan Storage” > “Wipe/ cache” dan nyalakan ulang ponsel.

Nah, itulah cara mengetahui penyebab handphone mengalami bootloop dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading