Sukses

Lifestyle

Tips Dekorasi Ruangan dengan Karpet agar Lebih Estetik dan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mendekorasi rumah sedemikian rupa hingga terlihat cantik nggak hanya untuk memuaskan feed media sosial saja. Cara ini juga bisa memberikan kenyamanan buat para penghuninya. Salah satu trik saat melakukan penataan adalah dengan menambahkan ornamen tertentu dalam sebuah ruangan. Misalnya saja karpet.

Karpet nggak hanya sebatas menjadi alas yang menambah sentuhan warna pada ruangan saja. Tapi, bisa juga menjadi items fungsional yang menemani momen bersama keluarga. Yuk, intip dulu tips dekorasi ruangan dengan karpet yang tepat!

Sesuaikan Ukurannya dengan Ruangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih karpet mendekorasi rumah adalah pastikan ukurannya sesuai dengan ruangan. Karpet sebenarnya nggak hanya bisa dipakai pada ruangan luas saja. Ruangan yang minim space pun bisa dipercantik dengan karpet, tentunya dengan memperhatikan ukuran yang tepat.

Jika ingin meletakkan karpet di ruangan sempit, hindari memilih yang terlalu lebar hingga memenuhi ruangan. Hal ini bisa membuat efek rumah jadi terasa sempit, sehingga cukup memilih karpet sebatas lebar sofa saja.

Perhatikan Konsep Ruangan

Ada berbagai pilihan karpet yang bisa ditemukan di toko offline langsung maupun e-commerce favorit yang hadir dengan berbagai gaya desain. Meskipun desain tertentu terlihat cantik, tapi sebelum membelinya pertimbangkan juga apakah cocok dengan konsep ruangan di rumah?

Sebisa mungkin serasikan karpet dengan desain ruangan yang ada untuk menciptakan kesan yang lebih estetik. Misalnya jika interior ruangan lebih ke arah shabby chic, hindari memilih karpet dengan gaya scandinavian karena bisa membuat pengaturan ruangan jadi kurang artsy.

Pertimbangkan Juga Jumlah Furnitur yang Ada

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jumlah furnitur yang menghiasi ruangan tersebut. Poin yang satu ini penting banget untuk menciptakan keseimbangan ruangan supaya nggak terlihat kosong atau malah terlalu penuh.

Untuk ruangan yang minim furnitur, kamu bisa mencoba bermain dengan karpet motif besar atau yang memiliki warna cerah. Sebaliknya, jika ruangan sudah banyak perabotan, pilih karpet minimalis dengan warna-warna yang kalem. Hal ini dapat membantu agar ruangan tidak terlihat sesak.

Mood Ruangan yang Ingin Ditampilkan

Kalau lagi mendekorasi sebuah ruangan, jangan lupa pertimbangkan mood yang ingin diciptakan. Kalau untuk ruang santai yang ingin terlihat tenang tapi tetap menginspitasi, karpet dengan motif tribal, abstrak, atau sulur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain motif, pemilihan warna juga dapat memberikan efek psikologis yang diharapkan, lho. Misalnya bagi yang ingin menciptakan mood yang tenang, warna hijau atau biru bisa menjadi alternatif yang tepat.

Beberapa tips di atas bisa menjadi panduan untuk melakukan dekorasi ruangan dengan menambahkan elemen karpet di dalamnya. Nggak hanya cantik, kamu pun bisa semakin nyaman berada di dalam rumah sendiri, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading