Sukses

Lifestyle

Tidak Melulu Berkaitan dengan Skor IQ, Ini 8 Ciri Orang Cerdas Menurut Psikolog

Fimela.com, Jakarta Orang cerdas merupakan individu yang memiliki cara berpikir fleksibel dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Kecerdasan tidak melulu diukur dengan skor IQ seseorang. Melasnir dari bustle.com, Dr. Catherine Jakcson, seorang psikolog dan ahli saraf bersertifikat mengatakan bahwa setiap orang memiliki jenis kecerdasan yang berbeda-beda. Ini termasuk dan tidak terbatas hanya pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. 

Stereotip yang berkembang dalam masyarakat mempercayai bahwa orang cerdas biasanya suka menyendiri dan tidak suka bersoialisasi. Namun, ternyata anggapan itu tidak 100 persen benar loh. Jackson mengatakan jika orang yang suka bersosialiasi, tidak menutup kemungkinan bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan yang luar biasa. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih dalam mengenai ciri-ciri orang cerdas menurut psikolg, berikut merupakan penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mudah Beradaptasi

Melansir dari inc.com, orang cerdas cenderung mudah untuk beradaptasi pada situasi atau keadaan baru. Mereka cenderung menunjukkan kemampuan mereka tanpa mempedulikan tantangan yang dihadapkan pada mereka dalam situasi baru yang mereka alami. Penelitian psikologi baru juga mendukung pernyataan ini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan tergantung pada kemampuan dalam mengubah perilaku diri sendiri secara efektif berdasarkan lingkungan yang sedang ditempati.

Sementara itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang cerdas bahkan bisa membawa perubahan pada situasi atau lingkungan baru yang mereka tempati.

2. Rasa Penasaran yang Tinggi

Kecerdasan seseorang seringkali dikaitkan dengan kesukaan mereka dalam membaca. Namun, menjadi orang cerdas tidak melulu soal berapa banyak buku yang dapat diselesaikan dalam sehari. Menjadi cerdas merupakan tentang bagaimana seseorang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap segala hal.

Mengutip dari bustle.com, Christine Scott-Hudson, seorang psikoterapis berlisensi mengatakan bahwa, "Orang cerdas cenderung melibatkan semangat mereka dengan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa, dan jika." Ia mengatakan bahwa orang cerdas suka dan tertarik untuk belajar mengenai orang lain, budaya, hewan, sejarah, dan dunia pada umumnya. 

 

3. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Memiliki memori atau daya ingat yang baik berkaitan dengan ciri kecerdasan seseorang. Memiliki fungsi daya ingat yang baik, menunjukkan bahwa seseorang memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, dan kemampuan untuk fokus yang tinggi. Hal ini juga berarti bahwa orang cerdas memiliki fleksibilitas kognitif dan dapat dengan mudah untuk beralih dari satu hal ke hal lainnya.

 

4. Open-Minded

Melansir dari inc.com, orang cerdas tidak menutup dirinya dari ide atau kesempatan baru. Orang cerdas cenderung menerima dan mempertimbangkan pandangan orang lain dengan nilai dan pemikiran yang luas. Mereka juga cenderung terbuka pada solusi alternatif yang disampaikan oleh orang lain.

Psikolog mengatakan bahwa orang yang open-mided (berpikiran terbuka) adalah mereka yang selalu mencari sudut pandang alternatif dan mempertimbangkannya dengan adil. Mereka juga cenderung mendapatkan skor yang tinggi dalam tes kecerdasan. Orang cerdas juga sangat berhati-hati terhadap ide-ide yang mereka adopsi. Mereka akan mencari bukti sebanyak-banyaknya sebelum mempercayai suatu hal.

 

5. Mengetahui Batasan Kemampuan Diri

Orang yang cerdas tidak akan mencoba bertindak seolah-olah mereka mengetahui tentang segala hal. Tanda bahwa seseorang memiliki kecerdasan yang luar biasa adalah mereka mau untuk mengakui ketika ada konsep tertentu yang tidak mereka pahami. Orang cerdas tidak pernah takut untuk bilang "tidak tahu" karena mereka berpikir bahwa jika mereka tidak mengetahui sesuatu, maka mereka akan mempelajarinya.

Melansir dari inc.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Winer yang didukung oleh studi dari Justin Kruger dan David Dunning, menunjukkan bahwa orang yang kurang cerdas cenderung suka melebih-lebihkan kemampuan kognitif mereka dan mendapatkan hasil yang tidak lebih baik dari orang yang benar-benar cerdas.

6. Rasa Empati yang Tinggi

Christine Scott-Hudson, seorang psikoterapis berlisensi mengatakan empati merupakan bagian dari kecerdasan emosional, komprehensi, dan kecerdasan kognitif. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, dan dapat berperilaku menyesuaikan diri terhadap situasi yang terjadi pada orang lain merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional. Orang yang memiliki kecerdasan emosional juga cenderung sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka.

 

 

 

7. Dapat Mengontrol Diri

Memiliki kontrol yang tinggi terhadap diri sendiri merupakan tanda kedewasaan dan kecerdasan. Menurut Dr. Catherine Jakcson, seorang psikolog dan ahli saraf bersertifikat, orang yang mampu mengontrol diri mereka sendiri cenderung dapat menyelesaikan dan mencari solusi untuk masalah yang tengah mereka hadapi dengan cepat. 

Dengan memiliki kontrol diri yang kuat, orang cerdas mampu merencanakan, mengklarifikasi tujuan, mengeksplor strategi alternatif, dan mempertimbangkan konsekuensi sebelum mereka memulai sesuatu.

8. Selera Humor yang Baik

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang cerdas biasanya merupakan orang yang lucu karena mereka memiliki selera humor yang baik. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang suka membuat kartun dengan caption lucu cenderung mendapatkan skor kecerdasan yang lebih tinggi. Sementara itu, studi lainnya juga menunjukkan bahwa komedian profesional mendapatkan skor di atas rata-rata pada ukuran kecerdasan verbal.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading