Sukses

Lifestyle

4 Ide Desain Kamar Tidur Berdasarkan Feng Shui agar Nyaman

Fimela.com, Jakarta Membuat kamar tidur berdasarkan feng shui mungkin merupakan cara kuno untuk mendekorasi ruangan. Melansir dari Architectural Digest, feng shui sebagai sistem China kuno adalah tentang meningkatkan lingkungan dan menjadikannya seoptimal mungkin untuk penggunanya dalam berbagai aspek kehidupan.

Feng shui berlaku untuk berbagai tempat termasuk kamar tidur. Kamar adalah tempat untuk melepas penat, beristirahat, atau sekedar bersantai bagi pemiliknya. Untuk membawa energi menenangkan ke kamar tidur, terdapat 5 elemen feng shui yang dapat diterapkan. Simak penjelasan berikut ini.

1. Menempel Pada Dinding dan Menghadap Pintu

Kasur adalah elemen penting dari kamar tidur. Menurut feng shui, posisi kasur yang tepat adalah lurus menghadap pintu dengan dinding atau kayu kokoh di bagian kepala kasur. Posisi ini akan memberi perlindungan dan kesan pemilik kamar menguasai seluruh ruangan. Menambahkan kayu atau sandaran kokok pada bagian kepala kasur akan memberi stabilitas. Arsitek feng shui menyarankan untuk menggunakan sandaran kepala yang tidak berlubang.

2. Tata Letak Barang yang Simetri

Simetri menunjukkan keseimbangan dan energi yang harmonis. Untuk menerapkannya dalam dekorasi kamar tidur, kamu bisa menambahkan nakas kecil di sisi kanan dan kiri kasur dan diletakkan menempel pada dinding. Meletakkan benda di atas nakas pun harus selaras. Bila ingin menambahkan lilin atau foto untuk dipajang, letakkan benda sebagai dekorasi tambahan dikedua nakas. Selain nakas, bisa juga dengan meletakkan lampu tidur di sisi kanan dan kiri kasur.

3. Pilih Warna yang Menenangkan

Dibanding warna berani yang mencolok, gunakan warna netral yang menenangkan untuk dekorasi kamar tidur. Warna netral yang dapat dipilih seperti coklat, hijau pucat, biru, atau warna netral lainnya. penggunaan warna netral dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena kesan damai yang ditimbulkan.

4. Hindari Benda Elektronik

Benda-benda elektronik seperti televisi, komputer, dan lainnya yang diletakan di kamar tidur akan menghilangkan kesan alami pada kamar. Untuk melengkapi dekorasi kamar benda elektronik dapat diganti dengan rak buku, tanaman dalam ruangan, atau kursi.

Dekorasi kamar dapat disesuaikan dengan selera tiap pemilik kamar. Untuk memberi rasa tenang dan nyaman menerapkan aturan feng shui pada kamar tidur bisa jadi inspirasi.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading