Sukses

Lifestyle

Kenalkan Anak Pada Berbagai Profesi Yuk, Intip Trik Kreatif yang Bisa Orang Tua Lakukan

Fimela.com, Jakarta Tahukah orang tua bahwa anak perlu dikenalkan dengan berbagai macam profesi dari usia sedini mungkin. Tapi, apa sih pentingnya melakukan hal seperti ini? Perlu ayah dan ibu tahu bahwa mengenalkan anak pada ragam jenis profesi akan memberikan mereka segudang manfaat baik. 

Dengan mengenalkan anak pada profesi, mereka akan jadi bisa menentukan sendiri pekerjaan seperti apa yang diinginkan di masa depan. Selain itu, ini juga dapat membantu mengembangkan karakter si kecil dan bahkan bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasa mereka. 

Nah, biar si kecil tambah semangat, begini cara menarik agar si kecil lebih tahu dan paham akan berbagai profesi yang ada di sekitar mereka. Apa saja itu?

Kenalkan Profesi dari Orang Terdekat

Cara paling sederhana dan kreatif yang pertama ialah mengenalkan profesi dari orang terdekat dulu, misalnya orang tua. Anak-anak biasanya cenderung melihat orang tua sebagai role model mereka. Terkadang mereka memperhatikan atau bertanya tentang apa yang para orang tua lakukan, tempat bekerja, alat yang digunakan saat bekerja, dan sebagainya.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban kamu untuk menjawab rasa keingintahuan yang si kecil miliki. Di satu sisi, kamu juga bisa mengenalkannya pada ragam profesi lain yang mungkin anak sukai. Tapi, usahakan untuk menyampaikan aneka pekerjaan ini dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak, ya. Dengan begitu, ia akan jadi lebih tahu dan paham dengan pekerjaan di sekelilingnya.

Ajak Anak Bincang-Bincang Tentang Profesi

Mengajak si kecil berbincang ringan seputar profesi juga bisa menjadi cara kreatif untuk dicoba. Ini bisa kamu lakukan pada saat menjalani quality time bersama sang anak. Selama proses mengobrol ini, kamu bisa kok sisipkan sedikit contoh agar si kecil semakin paham tentang profesi yang ada.

Berbagai contoh ini bisa dimulai dari hal-hal yang sering ia lihat dulu. Misalnya saja, coba jelaskan tentang profesi yang bekerja dengan membuat makanan di restoran atau cafe. Kamu bisa menjelaskan kepada anak bahwa orang tersebut bekerja sebagai koki atau juru masak. Contoh lainnya, bisa pula terkait dengan orang-orang yang sering tampil di film atau series favoritnya. Kamu bisa mengatakan bahwa para individu tersebut bekerja sebagai aktor atau aktris. 

Kenalkan Profesi ke Anak dengan Mengunjungi Taman Hiburan Edukatif Kidzania

Memperkenalkan profesi kepada si kecil dengan cara yang menyenangkan juga bisa dilakukan di Kidzania. Taman hiburan edukatif ini memang cocok banget buat para orang tua yang ingin menghabiskan waktu bersama anak, namun tetap bisa mendidik mereka dengan berbagai hal positif.

Apalagi karena di sini, anak-anak bisa mempelajari beragam jenis profesi secara langsung, mulai dari hairdresser, pilot, hingga teller bank. Beruntungnya, karena bermain di sini bisa lebih terjangkau dengan promo Kidzania Discount 50% jika pakai kartu BRI.

Diskon 50% ini dapat dinikmati dengan pembelian minimal 2 tiket, dan maksimal 4 tiket per kartu BRI. Berlaku untuk Debit BRI (Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI Junio, Tabungan BRI Simpedes,  BRI Prioritas), Kartu Kredit BRI, dan Brimo. Yuk, raih promonya segera. Sebab, promo ini hanya berlaku hingga tanggal 14 November 2023. Untuk detail lengkap seputar promo, maka bisa langsung klik saja di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading