Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri atau self-love adalah sebuah kesadaran dimana kita mencintai sepenuhnya apa yang ada pada diri kita, baik itu kekurangan ataupun kelebihan. Bukan berarti kita egois dengan mementingkan diri sendiri, melainkan kita tidak jumawa akan kelebihan kita serta menerima kekurangan yang ada. Kita bisa lebih memperhatikan dan menghargai diri kita sendiri serta tidak mengorbankan kebahagiaan kita sendiri untuk menyenangkan orang lain. 

Akan berbahaya jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri. Yang ada kamu malah sibuk mengabaikan apa yang fisik dan mentalmu butuhkan dan sibuk akan pikiran buruk tentang kamu sendiri. Hidup dalam lingkaran seperti ini tentu tidak nyaman dan mengganggu. 

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan tingkatan self-love ini. 5 di antaranya bisa kamu lakukan dengan langkah berikut ini:

Memperhatikan Kebutuhan Diri Baik Fisik atau Batin

Dengan memperhatikan kebutuhan diri kamu, kamu sudah melakukan satu langkah yang tepat untuk mencintai diri sendiri. Kesehatan baik fisik dan mental perlahan mulai kamu perhatikan. Melakukan hal-hal yang mendukung pola hidup sehat seperti tidur teratur, olahraga yang rajin, serta mengkonsumsi makanan yang sehat adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Sebab di balik tubuh yang sehat akan banyak manfaat yang didapat. Kamu akan lebih berenergi dan perasaan yang kamu miliki lebih ceria. Seperti kata pepatah, “Di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” kamu pun bisa mulai menerapkannya.

Meluangkan Waktu untuk Menyenangkan Diri

Terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Sesekali kita perlu menghibur diri yang penat akan tugas kantor atau tugas sekolah dengan melakukan hobi yang menyenangkan. Luangkan waktu untuk melakukan apapun hobimu supaya hati dan pikiran lebih santai sehingga hari-harimu yang padat akan terlewati lebih mudah. 

Menulis Jurnal Bersyukur

Dengan menulis jurnal bersyukur ini maka kita akan lebih fokus pada pencapaian-pencapaian kita serta apa yang kita punya. Membuat kita lebih bersyukur dan mengurangi rasa iri atau minder atas apa yang dimiliki oleh orang lain. Kita juga akan menjadi pribadi yang lebih menghargai hal-hal kecil yang ada pada sekitar.

Tidak Memaksakan Diri demi Kesenangan Orang Lain

Kerap kali kita melakukan hal yang sebenarnya kita tidak sukai namun memaksakan diri untuk tetap melakukannya hanya untuk menyenangkan orang lain. Sebaiknya mulai sekarang kita mengurangi kebiasaan ini sebab hanya akan membuat diri kita menderita. Contoh saja saat kamu sedang sangat lelah dan sahabatmu mengajak untuk pergi ke suatu tempat, kamu harus bisa mulai mengatakan “tidak”. Jika mengiyakan maka kamu hanya akan menyiksa diri sendiri. Mulai beranikan diri untuk lebih memprioritaskan diri sebab tugas kita tidak hanya untuk menyenangkan orang lain saja namun diri kita sendiri. 

Berkumpul dengan Orang yang Memberi Pengaruh Positif

Berkumpul dengan orang-orang tersayang terlebih lagi yang mampu memberi pengaruh positif akan membuat suasana hati serta perilaku kita menuju ke arah yang sama pula. Sebaliknya, hindarilah orang-orang yang hanya akan memberi pengaruh buruk atau toxic relationship yang hanya akan membuat diri kita semakin terpuruk dan merasa buruk dengan diri sendiri. Apalagi jika lingkungan atau seseorang tersebut sering merendahkan atau bahkan melakukan kekerasan, maka lebih baik untuk menjauhinya saja. 

Sahabat Fimela akan mulai dari langkah mana dulu? Apapun itu self-love adalah tindakan positif yang seharusnya sudah kita lakukan. Jika orang lain saja bisa kita cintai apalagi diri kita sendiri yang selalu menemani setiap saat tidak peduli situasi apapun. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading